Pesan Berantai Pembuluh Darah Mata Pecah Akibat Sering Main HP Resahkan Warganet



      Dunia maya dihebohkan dengan pesan berantai yang tersebar di media sosial (medsos). Pesan tersebut berisi informasi seorang remaja berusia 15 tahun yang mengalami pecah pembuluh darah di mata akibat sering menggunakan handphone atau gadget.


Dalam pesan berantai yang beredar di grup WhatsApp foto remaja tersebut ikut ditampilkan. Di mana pada kedua matanya terdapat bercak merah seperti darah di bagian mata putih.



Informasi yang beredar luas ini sontak meresahkan warganet. Bahkan sebagian dari mereka sampai mempercayainya. Sebuah akun Twitter @ferdiriva lantas memberi klarifikasi tentang penyebab mata gadis remaja itu sampai bisa memerah. Akun tersebut ternyata milik seorang dokter spesialis mata bernama dr Ferdiriva Hamzah, SpM.

Ia dengan tegas membantah jika penyebab mata menjadi merah itu lantaran sering memainkan gadget/handphone terlalu lama. "Mega super duper gigantic humongous HOAX," tulis @ferdiriva.

Menurutnya, pesan berantai itu adalah hoax, sehingga masyarakat diimbau tidak mempercayainya begitu saja. Dijelaskannya, kondisi mata merah itu disebut subconjunctival bleeding yang tidak berbahaya. Pasalnya, dalam dua minggu darah di mata tersebut dapat terserap dengan sendirinya.

Ia menambahkan, mata memerah bisa saja disebabkan oleh berbagai hal. "Biasa terjadi akibat orang yang menggosok matanya kekencengan, kelainan darah, minum pengencer darah, bersin/batuk kekencengan. Pecah pembuluh darah yang ada di balik selaput mata. Merah deh," tulisnya.

Melihat dari kasusnya, Dokter Ferdi menduga mata remaja itu menjadi merah akibat faktor lain. "Kalau di foto ini terlihat pasien memakai oksigen. Kemungkinan habis tabrakan atau ada penyakit lain. Karena habis daerah mata terpukul/trauma juga bisa muncul subconjunctival bleeding," terangnya.

Untuk mengatasinya, sang dokter menyarankan kepada netizen jika mengalami kasus serupa agar bisa mengompres mata menggunakan air dingin.

"Atau enggak usah dikompres juga enggak apa-apa kasih pelembab mata aja kayak Lyteers," tukasnya.


Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.