Waspada 6 Penyakit Kulit Aneh yang Tak Pernah Kamu Dengar Sebelumnya



     Kulit adalah salah satu bagian terpenting dari tubuh manusia. Inilah yang pertama kali dilihat oleh seseorang sehingga orang tersebut disebut cantik atau tampan.

Kulit dapat menjadi tempat berkembang biak penyakit jahat dan kondisi yang tak biasa. Seperti berikut ini, dilansir dari Brightside.me, berikut ini macam-macam penyakit kulit aneh yang tak pernah Anda dengar sebelumnya.



1. Dermatitis perioral

Nama lain untuk penyakit yang berhubungan dengan kulit ini adalah "penyakit pramugari." Singkatnya, ini disebabkan oleh pelembab dan pembengkakan pori-pori karena riasan yang berlebihan. Bukan rahasia lagi kalau pramugari menggunakan banyak riasan di wajahnya untuk melindungi dari udara kering di pesawat terbang. Dari sinilah istilah tersebut muncul.

Penyakit ini menyebabkan bintik-bintik kecil gatal yang berisi cairan dan bukan sebum. Munculnya di sekitar mulut, kelopak mata, dagu, atau lipatan nasolabial. Belakangan penyakit ini juga banyak ditemukan pada mereka yang bekerja sebagai bintang film dan pembawa acara.

2. Hiperhidrosis

Ini adalah kondisi di mana seseorang mengalami keringat berlebih di seluruh tubh atau bagian tubuh tertentu. Jika terlalu banyak keringat dan terbangun dengan piyama basah di malam hari, Anda harus mengunjungi dokter untuk memeriksakan diri. Biasanya keringat berlebih ini bersumber dai masalah tiroid, diabetes, kanker, proses peradangan atau infeksi.

3. Erythrophobia

Biasanya seseorang memiliki wajah yang memerah karena pengaruh normal dalam tubuh. Bisa karena alkohol, suhu tinggi, olahraga, dan lainnya. Tapi bagi yang mengidap penyakit ini, mereka paling takut mukanya memerah.

Saat muka memerah, mereka akan mengalami sakit kepala yang parah, keringat dingin, pusing, dan kadang-kadang pingsan. Pada saat itu biasanya darah mereka dipenuhi kortisol, hormon stres, dan neurotransmitter inflamasi.

4. Trichotillomania

Ini merupakan suatu bentuk kondisi rambut rontok karena masalah neurotik. Orang yang menderita penyakit ini akan mencabuti rambut mereka sampai benar-benar botak. Penyakit ini tidak menyebabkan rambut seseorang rontok secara alami tapi karena dicabut dengan sengaja. Berkonsultasi dengan psikoterapis akan lebih baik.

5. Dermatozoonosis maniacal

Ini adalah kondisi psiko-dermatologis yang menyebabkan seseorang mengalami serangan parasit khayalan. Mereka yang menderita kondisi ini merasa gatal seperti diganggu oleh hewan parasit (lalat, tungau, kutu, dan lainnya). Padahal, biasanya si penderita hanyalah merasa gatal akibat partikel kotoran atau sel kulit mati.

6. Excriation disorder

Mereka yang menderita kondisi ini tak bisa berhenti menyentuh wajah mereka. Biasanya awalnya karena jerawat yang lalu dipencet terus menerus sehingga tak bisa sembuh.

Ujungnya, wajah pun bekas luka kecil, baret, dan kulit merah. Luka jerawat yang dipencet menimbulkan bercak cokelat di bekas tempatnya.

Sumber : liputan 6

No comments

Powered by Blogger.