5 Langkah Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Kram Otot

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kram otot yang dialami atlet Anthony Sinisuka Ginting saat melawan atlet asal China yakni Shi Yuqi di final cabang Badminton beregu pria Asian Games 2018 Rabu (22/8/2018) lalu bisa disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari terlalu berat melakukan olahraga tertentu hingga dehidrasi.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kram otot bisa terjadi oleh siapa saja baik atlet atau non atlet. Karena itu, setiap orang perlu mengetahui pertolongan pertama jika terjadi kram otot. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan jika mengalami kram otot seperti dilansir dari Healthline.

1. Hentikan aktivitas
Hentikan aktivitas jika kram otot terjadi. Selanjutnya regangkan otot dan berikan pijatan secara perlahan dan lembut.

2. Rendam air hangat
Taburi kain basah dengan garam dan letakkan pada bagian tubuh yang kram sambil memberikan tekanan secara perlahan. Selain itu, garam juga bisa ditambahkan pada air dan rendam bagian tubuh yang kram pada air tersebut.

Cara ini kerap dilakukan para pelatih dan ahli terapi fisik. Di mana penggunaan magnesium di luar tubuh dalam bentuk garam epsom atau garam yang mengandung magnesium dan sulfur bisa mengatasi kram otot.

3. Hidrasi
Perbanyak minum atau hidrasi bisa membantu mengatasi kram otot. Meski membutuhkan waktu lama untuk meredakan kram, namun setelah mengonsumsi air atau minuman yang mengandung elektrolit, kram akan segera teratasi.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore
 
4. Berjalan
Berjalan dapat mengirimkan sinyal bahwa otot perlu berkontraksi dan bersantai. Selanjutnya, pijat bagian tubuh yang mengalami kram secara rutin. "Anggap saja seperti menekan tombol reset pada otot," tutur Personal Trainer bersertifikat, Henry Halse.

5. Konsumsi magnesium
"Rekomendasi pertama saya untuk pasien yang datang dengan keluhan kram pada kaki adalah konsumsi magnesium," ucap Sarah Thompson, seorang Doula dan ahli akupuntur di Sacred Vessel Acupuncture.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.