5 Tips yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Di era teknologi seperti saat ini, media sosial memang memegang peran penting dalam kehidupan seseorang. Bukan hanya sekadar update atau mengikuti tren terbaru, media sosial kini telah menjadi elemen penting dalam personal branding alias identitas image yang kamu tunjukkan pada orang lain. 

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Tampil di media sosial dengan jumlah ‘penonton’ yang banyak memang tidak semudah yang dikira. Namun, jangan khawatir. Agar kamu percaya diri dalam memulai personal branding di media sosial, lihat tips berikut ini, yuk!

1. Terus Belajar

Untuk memperkuat personal branding, tentukan satu sampai tiga minat atau topik yang akan menjadi fokus kamu. Tentunya, akan lebih baik jika kamu memilih topik yang memang disukai dan juga dikuasai. Beberapa ragam topik yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah beauty, fashion, lifestyle, culinary, photography, dan masih banyak lagi. Nah, setelah menentukan fokus personal branding, perdalam pengetahuan kamu dengan terus belajar dan mengikuti update terkini yang berhubungan dengan minat atau topik tersebut.

2. Kuasai Technical Skill yang Dibutuhkan

Sudah tahu platform media sosial apa yang akan kamu pilih? Jika sudah, jangan malas untuk belajar menguasai technical skill yang dibutuhkan, ya! Jika kamu memilih Instagram, kamu bisa belajar tata cara fotografi dengan smartphone atau kamera, serta photo editing. Sedangkan, jika kamu memilih YouTube, tentu kamu perlu belajar bagaimana cara mengedit video agar tampak menarik di depan kamera. Selain itu, kamu juga perlu belajar teknik cut to cut serta cermat dalam memilih lagu untuk bisa menunjang video agar enak ditonton. Kemudian, lain lagi jika platform yang kamu pilih adalah blog. kamu mungkin bisa mengikuti kelas online, membaca, atau menonton tutorial serta tips dan trik menulis.

3. Merawat Diri

Saat tampil di media sosial, siapapun tentu akan semakin merasa percaya diri jika memiliki tubuh dan penampilan yang terawat. Oleh karena itu, agar semakin percaya diri saat membangun personal branding di media sosial, kamu perlu menjaga kesehatan tubuh dan penampilan. Untuk menjaga kesehatan tubuh, kamu bisa melakukannya dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan.

4. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

“Kenapa hasil editan video dia lebih menarik, ya?”
“Kok foto-foto Instagram-ku likesnya nggak sebanyak dia, sih?”

Saat membuka media sosial, terkadang memang sangat mudah untuk kamu membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Apalagi, foto maupun video yang disuguhkan media sosial memang terkesan sempurna dan tanpa cela. Namun, alih-alih sibuk membanding-bandingkan diri yang hanya akan membuat kamu merasa tidak percaya diri, lebih baik fokus untuk mengembangkan potensi diri sekaligus memperbaiki kekurangan kamu saja. Toh, setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

5. Hindari Memberi Komentar Negatif

Komentar ‘miring’ memang sangat mudah menggoyahkan rasa percaya diri yang sudah susah-susah dibangun. Agar kamu dan pengguna media sosial lainnya semakin nyaman dan percaya diri menggunakan media sosial, yuk turut berkontribusi membangun ranah media sosial yang positif dan bermanfaat! Caranya, cukup hindari memberikan komentar negatif yang dapat menyinggung pihak tertentu. Sebaliknya, kamu juga bisa memberikan kontribusi positif dengan aktif memberikan komentar positif dalam menggunakan sosial media. Mudah, kan?

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.