Badan Sering Pegal-pegal dan Otot Kaku? Bisa Jadi Ini Penyebabnya



      Setelah seharian beraktivitas seringkali tubuh merasa pegal dan otot terasa kaku. Padahal aktivitas yang dilakukan tidaklah padat. Faktanya, penyebab tubuh sering pegal bisa terjadi karena seseorang terlalu lama duduk.



Biasanya hal ini dialami oleh para pekerja kantoran. Namun bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti kurang olahraga, salah posisi tubuh saat beraktivitas, dan mengangkat beban yang terlalu berat. Bagaimana rasa pegal dan otot kaku bisa terjadi pada seseorang?



Menurut Medical Officer PT Kalbe Farma, dr Anggi Citra Putri, rasa pegal dan kaku bisa terjadi karena banyak faktor. Saat ini mekanisme terjadinya pegal dan kaku pada otot yang paling sering adalah karena adanya timbunan sisa metabolisme pada serat-serat otot, yakni asam laktat.

"Namun adanya keluhan pegal dan otot kaku juga bisa terjadi karena kurangnya mineral magnesium, protein, atau hormon," ujar dr Anggi kepada detikHealth.

Ia menjelaskan asam laktat merupakan sisa metabolisme otot yang dapat menumpuk ketika tubuh kekurangan oksigen. Kadar asam laktat pada otot biasanya meningkat pada kondisi-kondisi yang menyebabkan otot dipakai lebih banyak.

Misalnya saat seseorang melakukan permulaan olahraga, berjalan kaki lebih jauh dari biasanya, melakukan aktivitas fisik yang lebih ekstrem daripada biasanya.

Pembentukan asam laktat akan menyebabkan otot terasa nyeri terutama saat digerakkan. Untuk mengatasi hal ini, konsumsi Fatigon karena mengandung kalium dan magnesium aspartat yang bisa menguraikan tumpukan asam laktat di otot.


Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.