Beberapa Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
ilustrasi

Tak hanya sedap untuk dijadikan bumbu pelengkap pada setiap masakan. Di Indonesia bawang merah seolah menjadi bahan utama pendukung untuk menjadikan makanan terasa lebih lezat. Aromanya yang khas pun semakin membuat perut keroncongan.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Selain bisa membuat makanan jadi lezat, inilah beberapamanfaat bawang merahbagi kesehatan. Seperti dilansir laman Health, Kamis (30/8/2018)

1. Kaya antioksidan

Bawang merah mengandung vitamin C, folat, kalium dan mangan. Di dalamnya juga ada senyawa antiinflamasi yang kuat.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Dalam penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, peneliti melihat seberapa sering orang Italia dan Swiss mengonsumsi bawang merah, bawang putih dan sayuran. Hasilnya orang yang mengonsumsi lebih banyak bawang merah, risiko terkena kanker semakin rendah .

3. Melancarkan sistem pencernaan
Bawang merah kaya akan inulin, sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotik. Inulin juga membantu mencegah sembelit, memperbaiki regulasi gula darah dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

4. Membantu menurunkan kolestrol

Sebuah penelitian menunjukan wanita yang kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS). Mereka terbagi dalam dalam dua kelompok, ada yang diminta mengonsumsi banyak bawang merah, kelompok kedua diminta sedikit konsumsi bawang merah. Hasilnya orang yang mengonsumsi banyak merah, tingkat kolesterol jahat turun.



5. Manfaat lebih kombinasi bawang dan tomat

Para ilmuwan percaya bahwa senyawa sulfur dalam bawang meningkatkan penyerapan likopen, antioksidan pada tomat terkait dengan perlindungan terhadap kanker dan penyakit jantung, serta kesehatan otak, tulang, dan mata. Anda dapat mengkonsumsinya lewat kombinasi yang lezat di omelet, salad, sop, dan tumis.

Tak hanya itu, ternyata bawang juga memberikan manfaat tak terduga lainnya bagi kesehatan. Salah satunya ialah untuk membasmi racun dalam tubuh anda dengan mengonsumsinya.

Sumber:merdeka

No comments

Powered by Blogger.