China Catat Rekor Suhu Rata-Rata Terpanas dalam 57 Tahun Terakhir



      China mencatat rekor temperatur rata-rata tertinggi sejak 1961 saat rataan suhu udara di Negeri Tirai Bambu mencapai 22 derajat celcius pada Selasa.



Kantor berita Xinhua mengutip Direktur Departemen Penanganan Bencana dan Layanan Publik Dinas Meteorologi China, Zhang Zuqiang, melaporkan pada Selasa (28/8/2018) bahwa total 55 stasiun cuaca telah mengumumkan rekor suhu harian tertinggi.



Zhang mengatakan, tidak seperti di tahun-tahun normal, suhu rata-rata di China dari Juni sampai Agustus satu derajat celcius lebih tinggi dan cuaca panas berlangsung lebih lama, menyebabkan lebih banyak kasus cuaca ekstrem.

Sebanyak 93 stasiun cuaca juga melaporkan suhu tinggi yang ekstrem terutama di Provinsi Jilin, Liaoning, Mongolia Dalam, Sichuan, Hubei dan Shandong.

Zhang menjelaskan, suhu tinggi di bagian tengah dan bawah Sungai Yangtze merusak panen penduduk. Daerah yang lebih rendah di sekitar Sungai Yangtze adalah salah satu wilayah utama produsen beras, yang merupakan bahan makanan paling penting untuk China.


Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.