China Murka Huawei Dicekal Australia



   Keputusan pemerintah Australia melarang Huawei dan juga ZTE memasok perangkat telekomunikasi untuk jaringan 5G membuat China murka. Pemerintah China menandaskan pelarangan itu adalah kesalahan dan akan berimbas negatif.



"Pemerintah Australia telah membuat kesalahan dan dengan melakukan hal itu, akan memiliki dampak negatif dalam hal komersial bagi perusahaan China dan Australia," sebut Kementerian Perdagangan China di situsnya yang dikutip detikINET dari Reuters.



Otoritas Australia dalam pernyataannya menyebutkan perusahaan yang mungkin diarahkan oleh pemerintahan asing akan membuat jaringan telekomunikasi Australia berpotensi rentan terhadap akses atau gangguan tak berizin. Australia mengikuti langkah Amerika Serikat yang juga membatasi ruang gerak Huawei dan ZTE.

Baca juga: Australia Larang Huawei Pasok 5G, Kenapa?


Kementerian Luar Negeri China pun meminta agar Australia berbuat adil bagi perusahaan asal negara mereka dan tidak membawa-bawa isu keamanan nasional untuk melakukan diskriminasi.

"Kami mendesak pemerintah Australia meninggalkan prasangka ideologis dan menyediakan lingkungan kompetitif yang fair bagi operasi perusahaan China di Australia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang.

Ada kemungkinan China akan melakukan tindakan balasan. Sebelumnya, Huawei juga menyatakan kekecewaan atas pemblokiran yang dijatuhkan kepadanya, seraya turut memastikan jika ZTE turut jadi korban bersamanya.

"Kami telah diberi tahu oleh pemerintah jika Huawei dan ZTE telah diblokir dalam menyediakan teknologi 5G di Australia. Ini benar-benar keputusan yang mengecewakan bagi pelanggan," tulis mereka.

"(Kami) telah memberikan teknologi jaringan nirkabel secara aman di Australia selama hampir 15 tahun," kicau Huawei menambahkan.

Sumber :detik

No comments

Powered by Blogger.