Gempa 5,8 SR Guncang Yogyakarta Rabu Dini Hari, Ini yang Harus Dilakukan Saat Gempa Terjadi

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Rabu (29/8/2018) dini hari pukul 01.36 WIB, warga Yogyakarta dikejutkan dengan goyangan gempa yang cukup kuat.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dari Laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa tersebut berskala 5,8 SR. Pusat gempa berada di laut, 112 km barat daya Gunungkidul, di kedalaman 10 km.

Gempa ini dirasakan dalam skala MMI III di Bantul, II-III Yogyakarta, II-III Karanganyar, II-III Karangkates, I-II Wonogiri, I-II Banjarnegara, I-II Purworejo, I-II Trenggalek, serta I-II Sawahan.

Dilansir dari TribunJogja, warga yang ada di Desa Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul, langsung berlarian ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

Alat tradisional kentongan juga dibunyikan oleh beberapa orang. Saat gempa terjadi, warga memang dianjurkan untuk ke luar dari bangunan jika waktunya masih memungkinkan.

Namun bila sudah tidak memungkinkan, maka dianjurkan untuk melindungi badan dan kepala dari reruntuhan bangunan, dengan cara bersembunyi di bawah meja ataupun yang lain.

TribunJogja.com mengutip dari infografis yang dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), saat gempa juga harus mencari tempat yang paling aman dari goncangan.

Bila sedang berada di pegunungan, hindari lokasi yang mungkin terjadi longsor. Jika di pantai, segera menjauh dari sana untuk menghindari bahaya tsunami.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Ketika sudah berada di tempat terbuka, menjauhlah dari bangunan seperti gedung, tiang listrik, pohon, dan sebagainya.

Perhatikan tanah Anda berpijak, segera menghindar jika terjadi retakan.


Sumber:tribunnews


No comments

Powered by Blogger.