Hati-Hati, Makan Sambil Berdiri Bisa Bikin Anda Gemuk



     Mengonsumsi makanan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan manusia sehari-hari. Ada banyak cara yang dilakukan manusia dalam mengonsumsi makanan. Namun, karena kebiasaan makan dengan cepat, banyak yang memilih untuk makan sambil berdiri.



Padahal, cara ini merupakan sebuah kebiasaan buruk. Menurut para ahli, cara minum air dalam posisi berdiri sangatlah buruk, sama halnya dengan makan. Cara ini sangat berbahaya bagi sistem pencernaan dan tubuh.



Menyadur dari Times of India, Senin (27/8/2018), Okezone akan membahas mengenai hal buruk yang ditimbulkan dari kebiasaan mengonsumsi makanan sambil berdiri.

1.Mempengaruhi pencernaan

Posisi Anda saat makan sangat mempengaruhi pencernaan. Menurut dokter, makan sambil berdiri dapat mengosongkan perut lebih cepat dan makanan bergerak ke usus, sebelum pecah menjadi partikel prima.

Hal itu akan meningkatkan tekanan pada usus dan menyebabkan masalah pencernaan. Diyakini bahwa pergerakan langsung makanan dari lambung ke usus karena gaya gravitasi.


2.Makan berlebih

Ketika Anda makan sambil berdiri, makanan tidak pernah mengisi perut dan sebagai akibatnya, Anda tidak pernah tahu apakah Anda kenyang atau tidak. Ini menyebabkan Anda makan berlebih.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makan dengan perlahan-lahan karena dinilai lebih sehat. Cara ini juga dapat meningkatkan perasaan kenyang.


3.Membuat Anda merasa lapar

Cara termudah untuk mengetahui apakah Anda lapar atau kenyang adalah dengan merasakan berapa banyak makanan yang ada di perut. Menurut para ahli, makan dalam posisi berdiri menghasilkan pencernaan makanan pada tingkat 30% lebih cepat, dan itu membuat Anda merasa lapar hanya setelah beberapa jam makan.

4.Kembung

Pencernaan yang lebih cepat, bisa berbahaya karena memberikan lebih sedikit waktu bagi tubuh untuk menyerap nutrisi yang selanjutnya menghasilkan gas dan kembung. Karena, ketika karbohidrat tidak dicerna dengan benar, mereka cenderung berfermentasi di usus dan menyebabkan gas yang mengakibatkan kembung.

Dalam ilmu kedokteran, terbukti bahwa mereka yang makan dalam posisi duduk cenderung memiliki pencernaan yang lebih baik. Ketika Anda makan dalam posisi duduk, indra Anda langsung menangkap makanan dan memberi pesan langsung ke otak yang membuat tetap kenyang untuk jangka waktu lebih lama.

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.