Jokowi Bagi Tips Jalani Bisnis buat Generasi Milenial



     Presiden Joko Widodo (Jokowi) kumpul bersama anak muda dalam acara ‘Young On Top National Conference (YOTNC) 2018 pada Sabtu (25/8/2018). Pada acara itu, Jokowi berbagi tips bisnis.



Jokowi yang pernah jalani usaha ini menuturkan, agar pebisnis baru fokus menjalankan usaha. Ini penting dalam pengembangan bisnis ke depan.



"Yang baru mulai sebaiknya memang fokus saja. Jangan ganti-ganti. Saya lihat teman-teman saya itu, pertama bisnis kayu, bangkrut terus bisnis bambu. Semakin kita tidak fokus semakin kita bingung," ujar dia.

Mantan Walikota Solo ini juga mengajak pelaku bisnis untuk tidak cepat menyerah jika menghadapi tantangan dalam berbisnis.

"Fokus di situ saja. Pasti ada masalah problem pasti ada. Yang masih mahasiswa, pelajar mulai saja. Kayak anak saya yang kecil (Kaesang). Jual pisang goring. Enggak apa-apa, sambil sekolah jual pisang. Yang penting selesai sekolahnya," tutur dia.

Terkait perusahaan rintisan (startup), para pelaku bisnis mesti jeli melihat tantangan dan peluang. Bagi Jokowi, memahami dua hal itu dapat membantu perkuat bangsa.

"Sebab itu saya mengajak, saudara-saudara semua, untuk berani menentukan, berani mengambil risiko tapi dengan kalkulasi. Risiko yang tak terkalkulasi malah ngawur," ujar dia.


Sumber : liputan 6

No comments

Powered by Blogger.