Kecelakaan Mobil dan Truk Terigu di Italia Renggut Nyawa 12 Buruh Migran

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kecelakaan maut terjadi di jalan raya negara di kota Lesina, Provinsi Foggia selatan, Italia, pada Senin siang waktu setempat. Insiden ini melibatkan sebuah truk besar dan sebuah mobil van yang membawa buruh migran. Demikian seperti dilaporkan kantor berita resmi ANSA yang dilansir Al Jazeera, Senin 6 Agustus 2018.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Mengutip sumber polisi, ANSA mengatakan 12 orang tewas dalam kecelakaan itu, mereka adalah buruh migran tersebut. Para korban sedang dalam perjalanan kembali ke rumah setelah seharian bekerja di ladang. Sementara korban luka tercatat ada tiga orang, termasuk sopir truk.

Foto-foto di tempat kejadian menunjukkan, mobil van berwarna putih terbalik dengan bagian atap berada di bawah dan tergeletak di tengah jalan setelah tabrakan dengan truk pembawa terigu.

Kantor berita AFP yang mengutip layanan pemadam kebakaran mengatakan bahwa semua korban tewas berasal dari Afrika Utara. Kecelakaan itu terjadi dua hari setelah empat migran Afrika meninggal dalam kecelakaan serupa di wilayah yang sama.

Ribuan migran bekerja di sektor pertanian Italia, memanen buah dan sayuran. Meskipun sebagian besar dari mereka memiliki dokumen sah, namun mereka hidup dalam kondisi yang buruk dengan tekanan berat dari perusahaan tempat mereka bekerja. Para buruh migran juga dibayar dengan upah rendah.

Laporan setempat mengatakan, Fai Cisl serikat pekerja pertanian sedang menyelidiki kecelakaan maut ini.

"Kami ingin tahu apakah ada yang harus bertanggung jawab atas tragedi itu, bila demikian maka kecelakaan seharusnya dapat dihindari," kata serikat pekerja pada 4 Agustus, setelah kecelakaan pertama.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

"Dan jika ada unsur kesengajaan, atau para pekerja yang sengaja dijejalkan ke dalam van, meski kendaraan itu sudah penuh," mereka menambahkan.

Flavio Di Giacomo, juru bicara International Organization for Migration, menyatakan keprihatinannya. Ia menulis di Twitter bahwa di Italia, ribuan migran bekerja di pasar gelap. Mereka kerap dieksploitasi di ladang.

Sumber:liputan6

No comments

Powered by Blogger.