Manfaat Makan Kol Merah, dari Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker!

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
 
Semua orang pasti akrab dengan kol berwarna hijau. Sebenarnya kol tak hanya berwarna hijau, ada juga kol yang berwarna ungu atau merah. Kol merah ini kaya akan fitokimia, nutrisi, antioksidan, vitamin. Sayuran ini pun kaya akan serat dan mineral yang terdiri dari thiamin, folat, kalsium, magnesium, mangan, riboflavin, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin K dan vitamin B.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Ketika ditanya manakah yang lebih baik antara kol merah dan kol hijau, jawabannya adalah sayuran itu sama sama baik untuk kesehatan Anda. Tetapi ketika berbicara tentang nilai gizi dan rasa keduanya tentu berbeda.

Kol merah dikenal memiliki 10 kali lebih banyak vitamin A daripada kol hijau. Satu cangkir kubis merah cincang memiliki 51 mg vitamin C sementara kol hijau memiliki 37 mg vitamin C. Kol merah juga mengandung dua kali lipat jumlah zat besi dibandingkan dengan kol hijau.

Dilansir Okezone dari Boldsky pada Kamis (30/8/2018), inilah 7 manfaat kol merah yang belum banyak diketahui:

1. Meningkatkan kekebalan

Berbagai jenis kol mengandung vitamin C dan antioksidan yang berperan penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C menstimulasi aktivitas sel darah putih, sehingga memperkuat sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas.

2. Mencegah kanker

Sayuran ini sangat penting untuk pencegahan kanker karena tingginya kandungan antioksidan seperti indoles dan anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membuat kol berwarna ungu. Sedangkan kandungan indoles dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita.

3. Membantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi kol ungu karena sangat rendah kalori dan tinggi serat yang berarti itu akan mencegah Anda makan berlebihan. Kol merah juga dapat membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama. Anda bisa menambahkan kol merah ke dalam salad yang dicampur dengan sedikit cuka dan jus lemon.

4. Melawan arthritis dan peradangan

Sayuran ini mengandung fitonutrien yang dapat membantu menurunkan peradangan kronis. Kol merah atau ungu mengandung senyawa yang disebut sulforaphane, yang berfungsi sebagai pembunuh peradangan yang ampuh. Menurut The Arthritis Foundation, kol merah harus menjadi bagian dari makan sehari-hari pasien arthritis.

5. Mengobati bekas luka

Asam amino yang disebut glutamin ditemukan di sayuran ini. Senyawa ini sangat baik untuk menurunkan peradangan yang terkait dengan bisul perut dan bekas luka lainnya. Jus kol merah digunakan sebagai obat rumah yang dapat mengobati sakit maag.

6. Mengurangi risiko osteoporosis

Sayuran yang luar biasa memiliki kandungan magnesium, mangan, kalsium dan mineral penting lainnya dan vitamin seperti vitamin K yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang. Kol merah juga membantu mengoptimalkan kepadatan mineral tulang. Ini melindungi Anda dari arthritis, osteoporosis, dan gangguan tulang lainnya.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore
7. Meningkatkan metabolisme

Metabolisme adalah mekanisme yang dengannya produksi energi tercapai. Dan kubis merah atau ungu adalah salah satu sayuran yang akan membantu meningkatkan metabolisme Anda. Ini kaya vitamin B kompleks yang membantu dalam berfungsinya metabolisme dalam sel.
 
Sumber:okezone 

No comments

Powered by Blogger.