Mengapa Vitamin A Sangat Dibutuhkan Mata? Ini Penjelasannya!



       Jika bicara tentang vitamin yang dibutuhkan mata, banyak orang pasti sudah tahu bahwa vitamin A adalah yang vitamin paling penting untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan pengetahuan umum ini sudah diketahui anak-anak sejak sekolah dasar.



Namun pernahkah kamu penasaran, bagaimana bisa vitamin A sangat penting untuk mata? Seperti apa vitamin A mempengaruhi mata? Karena bisa jadi kamu tak tahu mengapa vitamin A ini penting untuk mata.



Dilansir dari Health Line, vitamin A akan digunakan untuk menjaga fungsi kornea mata yang jernih. Vitamin A juga menjadi komponen penting pembentuk rhodopsin, semacam protein pada mata yang membuatmu tetap bisa melihat benda bahkan di kondisi redup atau sedikit cahaya.

Kekurangan vitamin A akan sangat berpengaruh pada fungsi penglihatan dan kondisi serius ini disebut xerophthalmia. Xerophthalmia adalah penyakit mata progresif yang akan semakin memburuk seiring berjalannya waktu dimulai dengan munculnya rabun senja.

Ketika kekurangan vitamin A tidak segera ditangani, maka penyakit mata ini akan semakin parah, memengaruhi saluran air mata dan bahkan bisa membuat mata kering. pada akhirnya kornea mata melunak dan menyebabkan kebutaan permanen.

Bukan hanya itu, memenuhi kebutuhan vitamin A juga menjaga mata dari penyakit mata lainnya seperti risiko katarak, degenerasi makula dan lain sebagainya.

Vitamin A bisa didapat dari berbagai macam makanan berwarna apel, merah dan orange, seperti wortel, jeruk, pepaya, tomat dan semangka.

Jadi, sekarang sudah tahu kan mengapa kita sangat butuh vitamin A untuk kesehatan mata? Yuk jaga kesehatan mata dan cukupi kebutuhan vitamin A setiap hari.


Sumber : vemale

No comments

Powered by Blogger.