Pemerintah Urus Pemulangan Jenazah TKI Asal Cilacap yang Meninggal di Taiwan

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Pemerintah Indonesia tengah mengupayakan pemulangan jenazah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Desa Sidaurip Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap, Rasiwen, yang meninggal di rumah sakit setempat, beberapa hari lalu.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Koordinator Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI) Ervi Kusumasari mengatakan, pihaknya belum menerima surat resmi dari Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taiwan terkait kematian Rasiwen.

Karena itu, dia belum mengetahui informasi lengkap perihal penyebab kematian Rasiwen.

"Surat resmi dari Taiwan belum dikirim,"katanya, Selasa (7/8/2018)

Menurut Ervi, KDEI saat ini masih berusaha mengeluarkan jenazah Rasiwen dari rumah sakit di Taiwan yang merawatnya.

Sayangnya, proses pengambilan jenazah Rasiwen hingga sekarang belum bisa dilakukan lantaran ketiadaan surat kuasa dari pihak keluarga.

Kartu kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang dipegang KDEI belum cukup sebagai syarat pengambilan jenazah oleh bukan pihak keluarga.

Karena itu, pihaknya besok, Rabu (8/8) akan mendatangi rumah keluarga Rasiwen di Desa Sidaurip Binangun untuk mendapatkan surat kuasa tersebut.

"Besok mau ke keluarga dulu, ambil surat kuasa agar jenazah bisa dikeluarkan dari rumah sakit,"katanya

Kepastian soal penyebab kematian Rasiwen akan menunggu hasil otopsi dari rumah sakit.

Setelah diambil dari rumah sakit, jenazah Rasiwen selanjutnya akan diurus oleh KDEI untuk segera dipulangkan ke Indonesia.

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Ervi mengatakan, Rasiwen bukan TKI yang terdaftar secara resmi di Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) alias ilegal. Karena itu, tidak jelas buruh migran itu bekerja dimana atau dengan siapa bekerja di Taiwan.

Karena berstatus ilegal, ahli waris Rasiwen tidak bisa mengajukan klaim asuransi atau santunan kematian sebagaimana diatur Undang-undang (UU) yang merupakan bagian dari perlindungan TKI di luar negeri.

Sumber:tribunnews

No comments

Powered by Blogger.