Ternyata, Jamur Memiliki Manfaat Jitu untuk Tubuh dan Kecantikan. Ini Penjelasannya



     Sadarkah Anda bahwa jamur dapat memberikan berbagai nutrisi penting, dan membantu proses penyembuhan? Menurut para ahli gizi, jamur sangat baik bagi kesehatan fisik dan mental.



Jamur dapat mendukung tubuh melawan peradangan, meredakan stres oksidatif, dan mengatasi efek radikal bebas. Ada beberapa jenis jamur yang dapat Anda konsumsi sehari-hari, seperti dilansir dari stylecaster.com, penasaran?



1. Cordyceps

Selama ribuan tahun, Cordyceps digunakan untuk melawan tanda-tanda penuaan dan meningkatkan energi. Jamur ini juga dikenal dapat meningkatkan kinerja mental, fisik, dan seksual, serta mendukung sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan hormon, dan memerangi kelemahan, serta kelelahan.

2. Reishi

Jamur Reishi dapat membantu tubuh menghilangkan stres dan menormalkan siklus tidur. Jamur ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama ribuan tahun dan merupakan jamur kayu yang langka dari Asia.

Jamur Reishi juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit, serta bakteri. Senyawa dalam jamur ini dapat membantu memperlambat penyebaran sel kanker.

3. Chaga

Jamur ini hanya tumbuh di Rusia, Siberia, dan daerah utara Amerika Utara. Jamur Chaga memiliki jumlah antioksidan yang sangat tinggi, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melawan kanker, anti inflamasi, mengurangi stres, dan membantu pencernaan.

4. Lion's Mane

Jamur yang satu ini populer digunakan sebagai pengobatan di Jepang dan Cina selama berabad-abad. Jamur ini dikenal dapat meningkatkan fungsi kognitif, membantu mengurangi kecemasan, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan energi, dan suasana hati yang positif.

manfaat jamur

Secara tradisional, kebanyakan jamur akan direbus menjadi teh atau sup untuk mempertahankan sebanyak mungkin kandungan nutrisinya. Saat ini, jamur kering yang berkualitas tinggi sudah tidak mudah ditemukan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena jamur dalam bentuk ekstraksi cair atau olahan kering masi sama efektifnya ketika dikonsumsi. Selain itu, jamur yang difermentasi juga membantu penyerapan ke dalam tubuh lebih mudah.

Jamur juga secara tidak langsung dapat mempengaruhi kecantikan Anda. Karakteristik seperti antioksidan, anti inflamasi, dan antimikroba dalam jamur dapat digunakan dalam perawatan kulit.

Sumber : liputan 6

No comments

Powered by Blogger.