5 Tips Bentuk Kebiasaan Olahraga Buat Orang yang Susah Bangun Pagi



      Telinga kita dipenuhi serat-serat neuron yang sensitif, jadi merupakan hal yang wajar jika sesekali kita merasakan gatal di sana. Namun rasa gatal di telinga yang terlalu sering sebaiknya tidak diabaikan. Bisa jadi ini adalah tanda dari gangguan kesehatan yang lebih serius.

Berikut ini kita akan membahas kemungkinan penyebab rasa gatal pada telinga, dilansir dari Boldsky (29/8).



Infeksi bakteri setelah berenang
Saat berenang, kadang telinga tidak sengaja kemasukan air. Air yang masuk dalam saluran telinga dapat menyebabkan infeksi. Ini karena kondisi telinga akan lembap yang bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri. Jangan lupa keringkan telinga setelah berenang agar kondisinya tetap kering.

Kotoran telinga
Kotoran telinga tidak perlu terlalu sering dibersihkan. Sering membersihkan telinga dapat menyebabkan infeksi, gatal, sakit telinga, bahkan menurunkan sistem imun tubuh. Jadi jangan terlalu sering membersihkan telinga, karena sebenarnya kotoran telinga berfungsi melindungi tubuh dari kuman yang masuk.

Penggunaan headset dan alat lainnya
Penggunaan alat bantu dengar seperti headset dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan rasa gatal. Ini terjadi kemungkinan karena adanya alergi terhadap plastik. Selain itu, tekanan yang diberikan oleh bentuk headset tertentu yang tidak pas juga bisa menimbulkan rasa sakit pada telinga.

Penyakit kulit
Masalah kulit seperti eksema, psoriasis, atau dermatitis seboroik dan kekeringan dapat menyebabkan telinga gatal. Kekeringan telinga dapat diobati dengan minyak zaitun. Sedangkan eksim dan psoriasis biasanya diobati dengan steroid.

Alergi debu
Beberapa hal seperti debu dan serbuk sari tumbuhan dapat menyebabkan telinga gatal. Ini karena masuknya partikel-partikel tersebut ke telinga melalui udara. Ini juga dikenal dengan sindrom alergi oral.

Demikian berbagai kemungkinan penyebab rasa gatal di telinga. Untuk mencegah gangguan kesehatan ringan ini pastikan untuk menjaga kebersihan telinga setiap saat.


Sumber : merdeka

No comments

Powered by Blogger.