7 Buah yang Ampuh Atasi Sembelit



       Beragam masalah pencernaan sering kali kita alami, salah satunya sembelit. Gejalanya tinja terasa keras, mengejan, dan ketidakmampuan untuk buang air besar.



Sebuah penelitian mencatat bahwa sekitar 22 persen orang India menderita sembelit. Mengonsumsi buah-buahan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Selain buah pisang, berikut beberapa buah yang dapat mengatasi masalah sembelit.



1. Kiwi

Sebuah penelitian yang dilakukan di Taipe menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah kiwi setiap hari selama empat minggu bisa buang air besar lebih baik.

Buah kiwi mengandung 2,5 gram serat, vitamin dan mineral seperti vitamin K, vitamin C dan vitamin E, potasium dan folat. Kandungan serat dan air yang tinggi sangat baik untuk perut Anda.

2. Apel

Apel mengandung sekitar 1,2 gram serat larut dan 2,8 gram serat tidak larut. Serat larut sebagian besar dalam bentuk serat makanan yang disebut pektin. Pektin bertindak sebagai pencahar yang cepat difermentasi oleh bakteri untuk membentuk asam lemak rantai pendek yang menarik air keluar dari usus besar, sehingga melunakkan tinja dan mengurangi waktu proses waktu pencernaan di usus. Dengan begitu sembelit bisa dihindari.

3. Pir

Buah pir berukuran sedang mengandung 5,5 gram serat yang merupakan 22 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Buah pir dapat membantu meringankan sembelit karena mereka memiliki jumlah fruktosa dan sorbitol yang melimpah. Di usus besar fruktosa menarik air melalui osmosis yang merangsang gerakan usus. Sedangkan, sorbitol tidak akan bertindak sebagai pencahar dengan menarik air ke usus besar dan membantu memeperlancar pencernaan.

4. Jeruk

Kandungan vitamin C buah jeruk membantu meningkatkan curah tinja. Satu jeruk diketahui memiliki 3,1 gram serat yang 13 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Beberapa penelitian mencatat bahwa jeruk merupakan sumber naringenin yang baik, flavonoid yang bertindak sebagai pencahar.

5. Raspberry

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), raspberry memiliki 8 gram serat dalam satu cangkir. Serat di dalamnya sangat bagus untuk menghilangkan konstipasi dengan membantu melancarkan pembuangan. 


Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.