Ada Alasan Ilmiah Kenapa Nasi Dalam Rice Cooker Mesti Diaduk Setelah Matang!



        Anda mungkin penasaran kenapa ibu atau Anda sendiri mesti mengaduk nasi yang sudah matang di dalam rice cooker. Banyak alasan menjelaskan itu demi ketahanan nasi dalam sehari.



Tapi, pernyataan itu Anda lontarkan mungkin karena ucapan orang sebelum Anda. Ketika diminta menjelaskannya, Anda diam terpaku. Kini, ketika pertanyaan itu dilontarkan, berilah jawaban ini.



Ya, dalam postingan Mikrajudin Abdullah di Facebook, dia menjelaskan bahwa ada papara. Ilmiah yang bisa menjawab pertanyaan "Kenapa mesti diaduk?" Ini. Dalam statusnya, dia menuliskan ini;

"Fisika Nasi Dalam Rice Cooker"

Istri saya selalu mengaduk nasi dalam rice cooker setelah nasi matang. Kalau tidak diaduk, nasi akan cepat basi. Mengapa demikian? Karena setelah nasi matang, masih ada air yang terperangkap antara butiran nasi. Air akan keluar melalui proses penguapan (difusi) dan prosesnya lama. Persamaan difusi sama dengan persamaan suhu pada posting sebelumnya.

Akibatnya, kalau nasi tidak diaduk, maka air terperangkap cukup lama dalam nasi dan dapat menyebabkan nasi cepat basi.

Jika nasi diaduk (dihamburkan) setelah matang, kita membuat ruang kosong antara butiran nasi. Ruang kosong tersebut memudahkan air yang terperangkap di bagian dalam menguap keluar. Ini serupa dengan material berpori di mana gas mudah melewatinya. Dengan demikian, jumlah air yang terperangkap dalam nasi berkurang dan nasi bisa awet cukup lama (tidak cepat basi).

Postingan ini pun kemudian ramai dibahas netizen di Twitter. Salah seorang akun @daniellsinaga coba membagikan ulang postingan facebook tersebut dan menjadi viral. Dia pun menyelipkan rumusan fisika dari proses pengadukan nasi ini;

Waduh, kalau baca rumusan fisikanya mungkin Anda sulit membacanya, tapi begitulah paparan ilmiahnya. Namun yang jelas, sekarang Anda tidak lagi bingung ketika ditanya "kenapa harus diaduk?".

Sementara itu, siapakah Mikrajuddin Abdullah?

Okezone coba menelusuri sumber utama informasi ini dan menemukan fakta bahwa dia adalah salah seorang fisikawan Indonesia. Dalam laman ITB.ac.id tercatat profesor ini adalah Dosen Terbaik Tingkat Nasional pada 2010 dan ilmu keahliannya adalah Nanomaterial. Keren!

Sumber :  okezone

No comments

Powered by Blogger.