Cara Menyimpan Ikan Segar Agar Tahan Lama



      Kamu bisa kok menyimpan ikan dalam jumlah cukup banyak dan di waktu cukup lama. Dengan cara penyimpanan ikan yang benar, ikan dengan rasa yang tetap enak dan nutrisinya yang tak berkurang bukan lagi sebuah mimpi. 



Bagaimana cara menyimpan ikan segar tahan lama dan rasanya tidak berubah? Simak yang berikut ini. 



Pilih Ikan dengan Kualitas Terbaik
Jika ingin menyimpan ikan, pastikan untuk memilih ikan dengan kualitas terbaik saat membeli. Pilih ikan yang masih segar, kenyal dan matanya masih bening. Ikan yang berkualitas baik akan tahan lama saat disimpan di lemari pendingin. 

Bersihkan Ikan Sebelum Disimpan
Pastikan untuk membersihkan ikan sebelum disimpan. Bersihkan bagian insangnya dan buang bagian perutnya. Cuci bersih ikan. Bila tak ingin ikan berbau terlalu amis, kamu bisa memberi perasan jeruk nipis ke tubuh ikan. 

Simpan di Wadah Tertutup
Ketika ikan selesai dibersihkan, simpan ikan di wadah tertutup. Wadah ini bisa berupa toples atau kotak makanan. Kamu juga bisa menyimpan ikan di dalam wadah plastik. Namun, untuk menyimpan ikan di wadah plastik dikhawatirkan akan membuat ikan mudah hancur saat dikeluarkan dari dalam plastik atau saat dimasak nanti. 

Simpan di Freezer
Usahakan untuk menyimpan ikan di lemari pendingin bagian freexer. Ikan yang telah membeku di freezer bisa bertahan hingga berhari-hari bahkan berbulan-bulan. 

Hindari Menyimpan Ikan Bersama Makanan yang Berbau Menyengat
Ikan yang disimpan di dekat makanan dengan bau menyengat sangat mungkin terkontaminasi bau makanan ini. Sebaiknya, hindari menyimpan ikan di dekat makanan berbau menyengat. 

Itulah tips menyimpan ikan segar agar tahan lama. Jika ingin ikan tak hanya tahan lama tetapi juga memiliki rasa enak dengan bumbu meresap baik, simpan ikan dalam keadaan sudah dibumbui. Ikan yang telah dibumbui akan terasa makin lezat saat dimasak karena bumbu telah meresap dengan baik. 


Sumber : vemale

No comments

Powered by Blogger.