Cukup 20 Menit Per Hari, Olahraga yang Efektif Turunkan Berat Badan



       Berat badan yang melambung tinggi pasti menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Bukan hanya mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri, tapi juga meningkatkan potensi serangan penyakit. Wah, nggak mau kan kena penyakit karena gemuk dan kelebihan berat badan?



Cara satu-satunya adalah dengan diet dan menurunkan berat badan. Cara paling sederhana yang bisa kamu tempuh selain mengatur pola makan adalah rajin olahraga. Mengapa olahraga penting untuk menurunkan berat badan dengan lebih cepat? Karena menambah aktivitas fisik akan membantu membakar kalori dan lemak yang menumpuk di tubuh.



Kamu tidak perlu harus ikut kelas gym untuk bisa menurunkan berat badan, karena cukup dengan olahraga di rumah saja sudah bisa membuahkan hasil asal dilakukan dengan benar dan gerakan yang tepat. Dan lagi, tidak butuh banyak waktu berjam-jam untuk olahraga hanya agar berat badan turun cepat.

Dilansir dari Women's Health, penelitian yang dilakukan di University of Wisconsin-La Crosse yang mengungkapkan bahwa olahraga interval intensitas tinggi selama 20 menit per hari bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat dibanding tidak olahraga sama sekali.

Dikatakan Taylor Gainor, C.S.C.S., co-founder LIT Method in Los Angeles, bahwa olahraga interval intensitas tinggi akan membakar banyak kalori per menitnya setara olahraga lain yang membutuhkan waktu 60 menit, bahkan amsih bisa membakar kalori setelahnya dalam waktu 48 jam karena ini adalah latihan kardio tingkat tinggi.

Lalu seperti apakah latihan interval intensitas tinggi ini? Taylor Gainor mengatakan, kerahkan seluruh tenaga untuk melakukan burpee, squat, lunge, dan pushup bergantian masing-masing selama 20 detik. Kemudian istirahat selama 10 detik, lalu ulangi urutan yang sama dalam empat menit ke depan. Beri jeda istirahat lagi selama satu menit dan lakukan latihan lagi mulai dari awal hingga kamu mencapai 20 menit.

Selalu luangkan waktu 20 menit untuk olahraga, apa pun, jika masih belum sanggup melakukan latihan interval intensitas tinggi. Karena lebih baik olahraga menggerakkan badan 20 menit per hari dibanding tidak melakukan apa-apa. Karena itu akan lebih efektif mendukung program diet dibanding hanya mengatur pola makan dan duduk saja.


Sumber : vemale

No comments

Powered by Blogger.