Dokter di China Keluarkan Cacing Pita Sepanjang 10 Cm dari Otak Seorang Pria

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Seekor cacing pita berukuran panjang 10 sentimeter telah diangkat dari otak seorang pasien melalui sebuah operasi yang dilakukan di China tenggara. Melansir dari SCMP, parasit tersebut ditemukan oleh dokter spesialis di sebuah rumah sakit di Nanchang, provinsi Jiangxi berada di kepala seorang pasien pria berusia 26 tahun yang mendadak sering mengalami kejang. 

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Pasien yang diidentifikasi dengan nama Liu telah menjalani operasi pengangkatan parasit di Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universitas Nanchang pada Senin (10/9/2018) lalu.

Dr Wang Chunliang yang memimpin penanganan terhadap Liu mengatakan, dugaan akan adanya parasit Spirometra mansoni di kepala pasien setelah dilakukannya tes darah. "Cacing itu masih hidup saat pertama kali kami keluarkan dari kepala pasien. 

Cacing itu kenyal, berwarna putih dan dapat berenang," kata Wang. Dilaporkan harian Jiangnan City Daily, parasit itu diyakini masuk ke tubuh Liu melalui makanan yang belum masak dan dikonsumsi pasien.



Liu mengaku sangat menggemari masakan yang dipanggang, yang dia makan secara rutin. Dia mengaku selama ini kondisi tubuhnya baik-baik saja sampai beberapa bulan terakhir saat dia mulai mengalami kejang-kejang. 

Kepala Pusat Neuromedis Shanghai, Guo Hui, menyampaikan kepada SCMP, kondisi seperti yang dialami Liu kerap ditemukan di daerah dengan sumber air tak bersih atau orang-orang yang gemar menyantap makanan setengah matang. 

"Saat telur parasit tidak terbunuh setelah melalui proses memasak dan masuk ke dalam tubuh, maka bisa terbawa bersama darah ke organ-organ dalam tubuh, termasuk paru-paru bahkan otak." "Karena otak menerima hampir seperempat pasokan darah dalam tubuh manusia, maka kemungkinan telur parasit itu sampai ke otak dan menetap di sana lebih besar dibandingkan organ lain," kata Guo.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Parasit yang telah sampai di otak dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi otak dan menimbulkan gejala seperti pusing, mual, kejang dan pendarahan di pembuluh darah. Ini bukan kasus pertama ditemukannya parasit dalam otak pasien. Tahun lalu, seekor cacing pita sepanjang 25 sentimeter diangkat dari otak seorang gadis berusia 12 tahun.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.