Gempa Jepang: Korban Tewas Dikhawatirkan Bertambah


https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Para regu penyelamat terus mencari penyintas gempa bumi kuat yang mengguncang pulau Hokkaido, Jepang, seiring dengan bertambahnya jumlah korban tewas menjadi 16 orang.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Puluhan orang lainnya masih dinyatakan hilang dan dikhawatirkan masih banyak yang tertimbun di bawah reruntuhan setelah gempa tersebut memicu tanah longsor.

Sekitar 1,6 juta penduduk di pulau Hokkaido tidak mendapatkan aliran listrik.

Gempa tersebut merupakan bencana kedua yang melanda Jepang pada pekan ini, setelah topan mematikan menghantam pantai barat negara itu.

Gempa yang terjadi pada hari Kamis (6/8) membuat ribuan orang menghabiskan malam di pusat-pusat evakuasi.

'Saya kira saya akan mati'
Desa Atsuma adalah salah satu wilayah yang paling terdampak parah, berbagai ruas jalan dan rumah runtuh setelah ditimpa longsor besar-besaran.

"Kami mendengar ada orang-orang masih terjebak di bawah lumpur, jadi kami bekerja sepanjang waktu tetapi sulit untuk menyelamatkan mereka," kata seorang petugas penyelamat di Atsuma kepada NHK.

"Itu mengerikan. Saya melihat tanah longsor dan saya kira saya akan mati. Saya pikir rumah saya akan runtuh." tutur salah seorang warga.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengkonfirmasi sebanyak 16 orang telah tewas dan 26 lainnya masih dinyatakan hilang.

"Saya meminta Anda mengulurkan tangan untuk orang-orang yang menghabiskan malam yang gelap dan ketakutan, dan lakukan semua yang Anda bisa untuk memulihkan aliran listrik sesegera mungkin," katanya kepada para menteri dalam pertemuan kabinet darurat pada Jumat (7/8).

Pihak berwenang mengatakan butuh waktu setidaknya satu minggu untuk memulihkan jaringan listrik ke desa-desa yang populasi warganya tidak banyak.

Dengan cuaca buruk yang diperkirakan berlangsung selama beberapa hari ke depan, otoritas setempat memperingatkan orang-orang untuk tetap berhati-hati dan bersiap-siap akan gempa susulan.

Layanan transportasi kembali dibuka

Bandara utama yang berada di pulau itu dibuka kembali untuk melayani sejumlah penerbangan pada hari Jumat dan layanan kereta api juga dijadwalkan dimulai lagi sebelum akhir pekan.

Gempa juga berdampak pada berbagai operasi pabrik di pulau itu. Produsen mobil Toyota mengatakan, pihaknya menunda operasi di pabriknya sampai listrik kembali normal.

Pertandingan sepak bola persahabatan antara Jepang dan Cile yang semula dijadwalkan pada hari Jumat juga telah dibatalkan.

Gempa itu terjadi di tengah angin topan mematikan yang menghantam bagian barat Jepang selama beberapa hari terakhir.

Jebi, topan terkuat yang menghantam negara itu dalam 25 tahun, menewaskan sedikitnya 10 orang dan menyebabkan banyak kerusakan serta kekacauan.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki aktivitas seismik paling aktif di dunia dan 20% dari semua gempa berasal dari negara itu, dengan kekuatan sebesar 6,0 pada skala Richter atau lebih.

Pada bulan Juni, gempa mematikan menimpa wilayah Osaka, menewaskan lima orang dan melukai lebih dari 300 orang.

Sumber:bbcindonesia

No comments

Powered by Blogger.