Hipertensi Paru, Penyakit Langka yang Lebih Mematikan dari Kanker Payudara

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Hipertensi pulmonal atau hipertensi paru merupakan suatu kondisi terjadinya tekanan darah tinggi di arteri pulmonalis atau paru yang membuat jantung kanan bekerja ekstra keras dan dapat berakibat fatal dalam waktu cepat. Penyakit ini disebabkan oleh adanya penekanan pada paru.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Menurut ahli hipertensi paru dr Lucia Kris Dinarti, SpPD, SpJP dari RS Sardjito Yogyakarta, penyakit hipertensi paru kebanyakan disebabkan oleh adanya kelainan jantung bawaan pasien yang tidak terdeteksi dari lahir.

"Kelainan jantung bawaan menyebabkan adanya lubang di jantung sehingga aliran darah dari sisi kanan jantung menjadi terganggu. Akibatnya, darah akan sulit mengalir ke paru-paru dan tekanan pada arteri paru-paru juga meningkat." ujarnya pada Dialog Penyakit Hipertensi Paru di Raffles Hotel, Jakarta Selatan Senin (24/9/2018).

Gejala hipertensi paru yang sulit untuk dideteksi menyebabkan penyakit ini menjadi penyebab kematian lebih tinggi dibandingkan kanker payudara dan kanker kolorektal. Pada anak, hipertensi paru biasanya di diagnosis sebagai TBC karena gejalanya yang mirip.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

"Seringkali, keluhan pasien itu seperti adanya sesak napas yang tidak jelas, asma, sulit bernapas, dan cepat lelah. Pada kasus yang sudah parah, pasien bisa membiru badannya." jelasnya.

Oleh karena itu, dr Lucia menyarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter spesialis agar penanganan bisa dilakukan dengan cepat sehingga risiko komplikasi penyakit hipertensi bisa dihindari.

Sumber:detikcom

No comments

Powered by Blogger.