Intip Sentra Pengolahan Susu Etawa di Sleman (1)

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan susu kambing etawa. Susu kambing etawa diklaim punya segudang manfaat bagi kesehatan. Tak heran jika penggemar susu kambing etawa cukup banyak.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Di Indonesia sendiri ada beberapa sentra pengolahan susu kambing etawa. Salah satunya terletak di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman terletak sekitar 20 kilometer (km) dari pusat kota Yogyakarta. Selain ada sentra pengolahan susu kambing, kecamatan ini juga terkenal sebagai daerah penghasil salak pondoh.

Banyaknya peternak kambing peranakan etawa di sekitar Kecamatan Turi membuat hasil produksi susu kambing melimpah. Sebab, sebagian besar penduduk sekitar Turi, Sleman menggantungkan hidupnya dari beternak kambing.

Sejak lama, penduduk di sana mendapat penghasilan dari jual-beli kambing etawa. “Dari dulu, penduduk sini memang peternak kambing peranakan etawa. Tapi dulu pendapatan mereka hanya sebatas dari jual-beli kambing. Yang diambil dagingnya, sama seperti kambing jenis lain,” jelas Poniman, pemilik Etawa Agro Prima asal desa Kemirikebo, Kelurahan Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DIY.

Berawal dari adanya pelatihan dari Dinas Peternakan setempat, Poniman menceritakan, para peternak di sekitar Girikerto, Turi, Sleman banyak yang mulai mengambil susu dari kambing yang mereka ternak. “Awalnya, para peternak di sini hanya jual-beli kambing hidup saja. Sejak ada pelatihan itu, kami jadi tau kalau kambing etawa ternyata bisa juga menjadi penghasil susu,” tuturnya.  

Oleh karena banyak penduduk yang mengambil manfaat susu tersebut, sejak tahun 1999, Kelurahan Girikerto, Turi, Sleman menjadi sentra pengolahan susu kambing etawa untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Hingga kini, ada sekitar lima sentra pengolahan susu kambing etawa di Kelurahan Girikerto.

Salah satu sentra pengolahan tersebut adalah Etawa Agro Prima milik Poniman. “Iya betul, di sini memang ada beberapa sentra pengolahan susu kambing Etawa. Satu sentra pengolahan biasanya punya 30–40 perajin yang mengolah susunya,” kata Sriyanti, salah satu perajin yang bekerja di Etawa Agro Prima. Yanti sudah bekerja sejak awal sentra tersebut berdiri, yakni pada tahun 1999.

Etawa Agro Prima sendiri memiliki sekitar 30 perajin yang mengolah susu kambing etawa. Sebagian besar perajin di sentra pengolahan susu kambing Etawa Turi, Sleman merupakan ibu rumah tangga yang memang tinggal di sekitar sentra tersebut. Mereka bekerja penuh waktu di sentra tersebut.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Karena Kecamatan Turi dikenal sebagai penghasil susu kambing peranakan etawa, Poniman mengambil bahan baku susu kambing dari tetangga sekitar. Ia bekerjasama dengan sebanyak 100 – 150 peternak untuk memasok susu kambing Etawa segar. “Susu kambing segar itu kami olah jadi susu bubuk, permen karamel dan kerupuk susu. Kalau ada konsumen yang cari susu segar, kami juga ada,” jelas Poniman.     

(Bersambung)

Sumber: Kontan

No comments

Powered by Blogger.