Istri bandar narkoba paling diburu di Meksiko dibebaskan dari penjara



       Pihak berwenang Meksiko membebaskan Rosalinda Gonzalez, istri dari bandar narkoba paling diburu di negara tersebut, Nemesio Oseguera. Wanita tersebut dibebaskan setelah membayar uang jaminan.



"Rosalinda Gonzalez yang ditangkap Mei lalu atas tindakan kriminal dan pencucian uang dibebaskan dari penjara Negara Bagian Meorelos kemarin malam," demikian dilaporkan surat Reforma, dikutip laman Reuters, Sabtu (8/9).



Dalam sebuah rekaman video, tampak Gonzalez keluar dari tahanan setelah dibebaskan oleh petugas kepolisian. Dia kemudian dibawa oleh sekelompok orang yang telah menunggunya.

Sementara itu, hingga berita pembebasan diturunkan, juru bicara kantor jaksa agung Meksiko belum memberikan komentar.

Menurut surat kabar itu, Gonzalez dibebaskan setelah memberikan uang jaminan senilai USD 78.000. Meski dibebaskan, dia masih harus menghadapi sidang pencucian uang. Hakim sendiri belum menemukan bukti yang cukup untuk menjerat Gonzalez atas tuduhan kejahatan yang terorganisir.

Bulan lalu, pihak berwenang Meksiko menawarkan hadiah sebesar 30 juta peso untuk siapapun yang bisa memberikan informasi mengarah pada penangkapan suami Gonzalez, Oseguera atau dikenal sebagai "El Mencho".

Di sisi lain, Amerika Serikat pun melabeli Oseguera sebagai musuh nomor 1 karena gengnya kerap melakukan kekerasan ekstrem untuk memperluas perdagangan heroin. Pihak AS menawarkan USD 5 juta bagi siapapun yang mengetahui keberadaan Oseguera saat ini.

Geng narkoba Oseguera disebut-sebut sebagai kelompok paling ditakuti di Meksiko. Anggotanya tidak segan-segan melakukan pembunuhan demi melancarkan bisnis penjualan obat-obatan terlarang.

Geng yang bermarkas di Meksiko itu seringkali mengirimkan obat-obatan terlarang seperti heroin dalam jumlah besar ke AS selama beberapa tahun terakhir ini.


Sumber : merdeka

No comments

Powered by Blogger.