Jangan Takut Bermimpi, Ini Cara Wujudkan Mimpi Jadi Nyata!



    Sebagai manusia, kita pasti punya impian yang ingin dicapai. Kita rela bersusah payah untuk menggapai mimpi itu, bahkan mengorbankan waktu, tenaga, dan harta yang dimiliki asalkan mimpi itu dapat tercapai.



Namun, apa yang kita impikan sering kali berbanding terbalik dengan keadaan yang sebenarnya. Jika tidak didukung dengan kerja keras, tentu saja keinginan itu hanya akan sebatas mimpi.



Sebaliknya, jika kita memulainya dengan cara yang tepat, kita dapat mewujudkan mimpi tersebut dalam waktu cepat, ataupun lambat. Bagaimana caranya? Berikut cara mewujudkan mimpi jadi nyata seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tuliskan Mimpimu di Atas Kertas

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk setahap demi tahap mewujudkan mimpi yang dimiliki adalah menuliskannya di atas kertas. Catat semua mimpi-mimpi yang ingin dicapai itu.

Selain sebagai pengingat, catatan ini akan membuatmu tetap bersemangat saat mengalami kegagalan dalam meraihnya. Berdasarkan penelitian, 75 dari 100 orang yang menuliskan mimpinya di atas kertas berhasil meraih apa yang dia inginkan.

Tentu saja, untuk mencapai sebuah mimpi itu dihadapkan oleh berbagai tantangan dan kegagalan. Namun, catatan kecil tersebut akan membangkitkan jiwa yang terpuruk. Hingga pada akhirnya mimpi sebesar apapun dapat menjadi kenyataan.

2. Pilih Mimpi yang Jadi Prioritas untuk Dicapai

Menentukan mimpi mana yang jadi prioritas memang tidak mudah. Mengingat sudah sewajarnya setiap orang dapat menggapai semua yang diinginkan. Hal ini terkadang sangat sulit, terutama bagi mereka yang tidak mampu mengenal dirinya sendiri dengan baik.

Sebaiknya, gunakan waktu yang dimiliki untuk menggali potensi dalam dirimu. Luangkan waktu setidaknya sehari penuh untuk berdiskusi dengan diri sendiri. Jauhkan pula dirimu dari segala jenis keributan agar kita bisa fokus mengenal diri sendiri. (Baca Juga: Wujudkan Mimpi Keliling Dunia, Ini Tips bisa ‘Travelling’ Tiap Tahun)

3. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang sempurna! Semua orang punya kelemahan di balik kelebihan yang dimilikinya, termasuk kamu. Namun, kelemahan tersebut bukan menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan.

Sebab, pada dasarnya manusia bisa mendapatkan apapun yang diinginkan asal dibarengi dengan usaha dan kerja keras. Jika ingin sukses, tingkatkan rasa percaya diri agar kesuksesan tersebut menghampiri.

Mulailah berpikir seperti orang sukses, bangun mental seperti orang sukses dan kelilingi dirimu dengan orang-orang sukses, agar energi positif dari mereka memengaruhi pola pikir dan tindakan kamu sehari-hari.

4. Lakukan Evaluasi pada Diri Sendiri secara Berkala

Kegagalan yang menimpa dalam perjalanan karier bukanlah sesuatu yang harus disesali. Bangkitlah dari keterpurukan dan segera lakukan evaluasi diri untuk mengetahui berbagai hal yang menghambat perjalanan karier tersebut.

Setelah menemukan kesalahan tersebut, sekarang saatnya untuk menyusun strategi baru dalam menggapai mimpi-mimpi yang ada di dalam benakmu. Karena pemenang sejati tidak pernah mengatakan ‘aku menyerah’ sebelum dia berhasil menggapai apa yang diinginkan.

5. Abaikan Pikiran dan Perkataan Negatif

Perjalanan hidup memang tidak akan pernah berjalan mulus-mulus saja. Akan ada sesuatu yang menjadi hambatan. Mirisnya lagi, hambatan tersebut sering kali datang dari orang-orang terdekat. Hal inilah yang menyebabkan kita ragu untuk melangkah hingga akhirnya harus rela mengubur impian kita sedalam-dalamnya.

Padahal, apa yang orang lain pikirkan dan katakan tidaklah selalu harus didengar. Kita perlu mengabaikan perkataan orang lain yang belum tentu benar dan fokus pada apa yang menjadi tujuan hidup agar kita tidak menyesal karena mengikuti apa yang orang lain katakan.

6. Fokus Gapai Apa yang Diinginkan

Apa yang kita inginkan sering berjalan di luar rencana karena tidak fokus dalam praktiknya. Mungkin saja kita terlalu takut dengan apa yang orang lain akan katakan, padahal satu pun dari perkataan mereka bukan menjadi urusan kita secara pribadi. Mulailah untuk membangun jiwa fokus.

7. Jangan Lupa Berdoa

Dibalik usaha, kerja keras, dan pengorbanan yang kamu lakukan, jangan lupa untuk senantiasa berdoa. Minta restu pada Sang Pencipta agar usahamu tidak sia-sia, melainkan bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan.

Lagipula, Tuhan adalah pemilik segalanya, termasuk takdir hidup kita. Untuk itu, serahkan diri pada Tuhan agar upaya untuk meraih impianmu tidak hanya sebatas khayalan, melainkan benar-benar ada dan bisa kamu rasakan di kehidupan nyata.

Semua Indah Pada Waktunya dengan Upaya yang Nyata

Apabila kerja keras dan usahamu belum membuahkan hasil, jangan langsung menyerah. Ingatlah, semua akan indah pada waktunya. Serahkan diri dan usahamu kepada Sang Pencipta. Urusan sukses atau tidak, biarlah Dia yang mengatur karena jalan hidup manusia sudah diatur sepenuhnya oleh Yang Maha Kuasa. Dan jangan pernah lupa untuk bertindak guna mewujudkan mimpi jadi nyata.


Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.