Jepang Jadi Negara dengan Populasi Usia Tua Terbesar di Dunia



     Lebih dari 28 persen populasi Jepang saat ini resmi diklasifikasikan berusia tua menurut data pemerintah. Angka tersebut menjadikan Jepang menjadi negara dengan penduduk usia tua tertinggi di dunia, seiring dengan gelombang pertama baby boomer pasca perang memasuki usia lanjut.


Baby boomer adalah sebutan untuk mereka yang lahir antara 1946 sampai 1964, masa setelah perang dan memiliki jumlah cukup substansial dalam populasi dunia, terutama di negara-negara berkembang.



Diwartakan AFP, Senin (17/9/2018), Pemerintah Jepang pada Minggu mengatakan, warga berusia 65 tahun ke atas di negara itu saat ini mencatat rekor jumlah terbesar 35,6 juta jiwa atau 28,1 persen dari total populasi. Sementara penduduk usia di atas 70 tahun atau lebih tercatat mencakup 20,7 persen dari total populasi, lebih tinggi dari angka 20 persen pada tahun lalu.

Berdasarkan data dari PBB, proporsi tersebut adalah yang tertinggi di dunia, di atas 23,3 persen di Italia, 21,9 persen di Portugal dan 21,7 persen di Jerman.


Menurut pemerintah, data-data tersebut menunjukkan bahwa baby boomer di Jepang telah memasuki usia tua. Pergeseran demografis itu terjadi karena kombinasi dari rendahnya tingkat kelahiran dan tingginya angka harapan hidup di negara itu.

Populasi Jepang yang menua dengan sangat cepat itu menimbulkan kepanikan besar bagi para pembuat kebijakan yang dihadapkan dengan upaya untuk memastikan kumpulan pekerja yang terus berkurang dapat membayar semakin banyak pensiunan.


Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.