Jet Militer Rusia Raib di Langit Suriah, Prancis dan Israel Tertuduh



      Pesawat tempur Rusia dengan 14 awak dikabarkan hilang dari radar saat berada di wilayah udara Suriah. Hilangnya kontak terhadap para pilot pesawat tempur itu bertepatan dengan adanya serangan yang dilancarkan militer Israel dan Prancis ke Suriah sebagaimana disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia pada Selasa, 18 September 2018. 

Sementara pejabat Amerika Serikat di Washington menyatakan pesawat tempur yang berspesifikasi Il-20-turbo-prop dimungkinkan ditembak dengan tak sengaja oleh senjata antiartileri yang dioperasikan oleh pemerintah Suriah yang tak lain adalah sekutu Rusia sendiri sebagaimana dilansir Reuters.



Namun versi lainnya menyebutkan bahwa saat pesawat tersebut terbang di daerah pantai Latakia tak jauh dari pangkalan udara milik Rusia, tak lama diserang dengan rudal musuh. Demikian disampaikan oleh media di Suriah.

Prancis sendiri yang memang sedang melancarkan serangan ke pemberontak Suriah membantah bertanggung jawab atas raibnya jet tempur tersebut.

Kemenhan Rusia melaporkan bahwa pesawat tersebut hilang radar pada Senin, 17 September 2018 sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Rusia menduga bahwa pesawatnya memang dihajar oleh militer Israel dan Prancis, sengaja atau tidak.

Pihak Israel masih bungkam atas insiden ini.


Sumber : viva

No comments

Powered by Blogger.