Kenali Bahaya dan Manfaat Tidur Menyamping Bagi Kesehatan



       USAI melakukan banyak aktivitas seharian pasti akan membuat tubuh Anda lemas dan butuh istirahat. Saat itulah tidur merupakan solusi terbaik bagi tubuh.



Namun ternyata posisi tidur sangat berpengaruh pada kesehatan Anda. Tidur telentang lebih rentan terhadap mendengkur dan apnea tidur. Tidur telungkup tidak baik bagi kondisi punggung. Bagaimana dengan tidur menyamping?



Menurut On Health, tidur dengan posisi menyamping, baik untuk mencegah sakit punggung, leher, dan baik untuk janin bagi ibu mengandung. Selain itu, tidur menyamping dapat menghentikan Anda dari aktivitas mendengkur, karena saluran udara tidak terhalangi seperti ketika Anda tidur terlentang.

On Health juga melaporkan bahwa tidur menyamping bagi ibu hamil dapat membantu meningkatkan sirkulasi Anda dan janin. Menurut Eight Mattress, jika Anda rentan terhadap penyakit refluks asam dan sakit maag, posisi tidur telentang juga bagus untuk memperlancar pencernaan Anda dan menghilangkan racun dari kelenjar getah bening. Tetapi, jika terlalu sering tidur menyamping ternyata tidak baik untuk kesehatan kulit.

Menurut Greatist, tidur menyamping ke sisi kiri baik untuk pencernaan, dapat memberi tekanan pada perut dan paru-paru. Tetapi tidur seperti ini akan membatasi aliran darah ke lengan dan tangan Anda dapat menekan saraf, yang berarti Anda mungkin akan mengalami mati rasa pada lengan saat pagi hari dan nyeri pada bahu.

Dee Anna Glaser, Profesor Dermatologi di Saint Louis University, mengatakan tidur menyamping dapat menyebabkan Anda keriput.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai kerutan, karena semua orang juga akan mengalaminya. Tetapi, akan lebih baik jika kita menghindari dan memperlambatnya. Tidur dengan posisi menyamping dapat membuat kulit Anda tertekan ke bantal dan menimbulkan efek tergesek.

Menurut Editor Majalah Kesehatan, Roshini Rajapaksa, tidur dengan posisi ini juga menyebabkan bentuk payudara Anda berubah, karena posisi ini akan memaksa payudara menggantung ke bawah dan cepat meregangkan ligamen pada payudara Anda.

Tidur menyamping punya kelebihan dan kekurangannya. Tetapi Anda tidak perlu khawatir dengan kelemahannya. Menurut Insider, untuk kesehatan kulit Anda dapat mengganti bantal dengan yangberbahan sutra.

Harganya memang terlihat mahal, tetapi bahan sutra jauh lebih baik bagi kesehatan Anda dan telah terbukti mengurangi keriput pada kulit. Perlindungan ekstra juga wajib dilakukan agar terhindar dari kerusakan kulit. Marie Claire menyarankan, tidak lupa menggunakan krim malam yang diperkaya dengan vitamin C, E, dan Asan hialuronat.

Kondisi bantal juga dapat memengaruhi kesehatan saat tidur, seperti nyeri leher dan bahu. Christopher Winter, Direktur Medis Martha Jefferson Hospital Sleep Medicine Centre sekaligus penulis buku The Sleep Solution mengatakan penting untuk membuat kepala dan leher tetap pada saat tidur.

"Oleh sebab itu, pilih bantal yang kuat untuk menampung kontur kepala dan leher”, tandasnya pada Majalah Health.

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.