Kerutan Tajam di Dahi Pertanda Jantung Tak Sehat?



      Dahi berkerut kerap dianggap sebagai simbol pemikir, walau kadang-kadang disebut juga sebagai tanda-tanda penuaan. Penelitian terbaru mengungkap kaitannya dengan kesehatan jantung.



Penelitian yang dipresentasikan dalam konferensi tahunan European Society of Cardiology tersebut mengatakan bahwa seseorang dengan kerutan tajam di dahinya punya risiko lebih tinggi mengalami kematian akibat penyakit kardiovaskular.



Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menganalisis perbedaan tanda-tanda penuaan dan mencari kaitannya dengan kesehatan jantung. Crow's feet atau kerutan di sudut mata, dalam penelitian tersebut tidak terbukti berhubungan dengan kondisi jantung.

Tanda penuaan lain seperti kebotakan berpola pada pria dan lipatan daun telinga (earlobe creases) teramati berhubungan positif dengan risiko penyakit jantung, tetapi tidak secara langsung berhubungan dengan peningkatan risiko kematian.

Kaitan dengan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular teramati pada kerutan di dahi. Makin dalam kerutan tersebut, makin besar peningkatan risikonya.

"Mereka yang memiliki skor kerutan 2 dan 3 memiliki hampir 10 kali lebih berisiko meninggal dibandingkan orang dengan skor kerutan nol," sebut para ilmuwan, dikutip dari escardio.org.

Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.