Korban Tewas Gempa Hokkaido Meningkat 2 Kali Lipat

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengatakan, jumlah korban tewas akibat gempat kuat yang mengguncang pulau utara Jepang, Hokkaido, meningkat dua kali lipat menjadi 16. Selain itu, lebih dari setengah pulau berpenduduk 5,3 juta itu masih tanpa listrik.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Sementara menurut pihak manajemen bencana sebanyak 26 orang dinyatakan hilang seperti dikutip dari Reuters, Jumat (7/9/2018).

Gempa berkekuatan 6,7 ​​skala Richter mengguncang pulau Hokkaido sebelum fajar pada Kamis kemarin. Gempa memicu tanah longsor yang mengubur sejumlah rumah dan melumpuhkan Hokkaido dengan putusnya arus listrik dan ketiadaan transportasi.

Pulau Hokkaido mengalami pemadaman listrik setelah gempa ketika Hokkaido Electric Power Co menutup pembangkit listrik berbahan bakar fosil sebagai tindakan pencegahan.

"Perusahaan itu telah memulihkan kembali arus listrik untuk 1,31 juta dari 2,95 juta pelanggan pada Jumat pagi," Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang mengatakan.

"Diperlukan setidaknya satu minggu untuk memulihkan kekuatan sepenuhnya," kata Menteri Perindustrian Jepang Hiroshige Seko.

Gempa itu adalah bencana kedua yang melanda Jepang minggu ini di mana sebelumnya negara itu telah dihantam oleh topan yang mematikan, banjir dan gelombang panas yang mencatat rekor.

Bandara Internasional Kansai telah ditutup sejak Topan Jebi menghantam Osaka pada Selasa lalu, meskipun beberapa penerbangan domestik yang dioperasikan oleh Japan Airlines (JAL) dan maskapai penerbangan murah ANA Peach Aviation tetap beroperasi pada hari Jumat, kata para operator.

Di bandara utama Hokkaido, New Chitose, JAL sedang mempersiapkan untuk memulai kembali beberapa penerbangan dari sekitar pukul 11:00 pagi waktu setempat, kata seorang juru bicara. Sedangkan ANA Peach Aviation membatalkan semua penerbangan pagi tetapi akan melanjutkan operasi seperti biasa pada sore hari, kata seorang juru bicara.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

JR Hokkaido berencana untuk melanjutkan operasi kereta peluru dari tengah hari. Agensi itu juga mencoba untuk melanjutkan layanan kereta lainnya pada Jumat sore, kata seorang juru bicara.

Namun, sejumlah produsen masih terpengaruh oleh pemadaman listrik.

Sejumlah agenda juga terpengaruh akibat gempa Hokkaido, dengan pertandingan persahabatan antara Jepang dan Chili yang dijadwalkan Jumat di Sapporo dibatalkan.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.