Laba Cantik dari Kreasi Kotak Cincin Bertema Rustic

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Inovasi dalam bisnis kreatif memang tak ada habisnya. Kali ini, ada kreasi baru dari kotak cincin atau ring box untuk pertunangan dan pernikahan.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Biasanya, ring box terbuat dari bahan plastik yang terbungkus kain merah berbentuk hati atau lingkaran. Kini, ring box berbahan kayu makin banyak dilirik oleh para calon pengantin.

Mita Asih Yuniarti, pemilik Makna Seserahan asal Karawang, Jawa Barat mengatakan, banyaknya permintaan ring box kayu ini disebabkan oleh tren tema wedding rustic yang juga makin banyak peminatnya. Minat pasangan terhadap ring box kayu tinggi karena mengikuti tren tersebut.

"Setahun ini, banyak pasangan yang pakai tema rustic untuk wedding. Dari tema rustic itu, mereka pilih untuk menikah dengan konsep garden atau natural. Nah, dari situ, permintaan ring box kayu juga ikut meningkat," jelas Mita.

Ia menjelaskan, ring box kayu ini memiliki kesan natural dan etnik yang cukup menonjol. "Menurut saya karena bentuknya cukup unik, natural dan nggak pasaran jadi banyak yang suka," kata Mita.

Makna Seserahan memiliki 7 desain ring box kayu yang dikreasikan dengan beragam ornamen. Harganya cukup beragam, mulai Rp 140.000-Rp 350.000 per paket. "Kalau mau ada tambahan inisial nama pasangan, ada biaya tambahan Rp 5.000 untuk tiap huruf," ujar Mita.

Dalam sebulan, Makna Seserahan bisa menggarap sekitar 50-100 ring box kayu. Selain menawarkan ring box kayu, Mita mengatakan Makna Seserahan juga menerima pesanan kotak seserahan dengan beragam desain.

Tingginya minat pasangan terhadap ring box kayu juga diakui oleh Tantie Yulandhika, pemilik Yudhayana asal Surabaya. Tantie mengatakan, dibandingkan saat awal Yudhayana berdiri, peminat ring box kayu terus meningkat. Hingga kini, pesanan datang silih berganti hampir setiap hari. Bahkan pelanggannya berasal dari luar Jawa Timur, seperti Sumatra, Kalimantan, Bali dan Sulawesi.

Menjalankan bisnis kreatif sejak awal tahun 2017, Tantie memang fokus menggarap ring box bertema rustic. "Waktu itu saya mengamati, makin banyak pasangan yang suka pesta kebun, outdoor untuk resepsi pernikahannya. Dan tema dekorasi outdoor wedding ini kebanyakan rustic," ungkapnya.

Dari situlah, ia terinspirasi membuat ring box yang senada dengan tema rustic. Yudhayana menawarkan 10 desain ring box kayu. Setiap desain dinamai dengan tokoh pewayangan Jawa, seperti Arjuna, Yudhistira, Sadewa, Nakula, Bima dan sebagainya. Harga yang dibanderol mulai Rp 180.000 sampai Rp 330.000 per paket.

"Pesanan kami kalau sebulan bisa sekitar 300 paket, kebanyakan untuk lamaran, tapi ada juga yang untuk pernikahan," kata Tantie. Ia mengatakan, paket ring box kayu tersebut sudah termasuk ornamen dekorasi dan tulisan.  

Ornamen bunga dan daun jadi daya tarik
Kotak cincin atau ring box kayu yang belakangan jadi tren tak hanya berupa wadah cincin dari kayu berbentuk bulat atau kotak. Ada banyak ornamen tambahan yang menjadi hiasan, seperti aneka bunga artifisial, rumput atau daun artifisial. Ornamen hiasan itulah yang biasanya menjadi daya tarik bagi konsumen.

"Konsumen bisa memilih desain sendiri, atau bisa request ke kami," ujar Mita Asih Yuniarti, pemilik Makna Seserahan. Yang jadi favorit selama ini adalah desain yang menggunakan terarium dengan tema Lego.

Mita sengaja menambahkan Lego karakter sebagai ciri khas dari Makna Seserahan.  Selain adanya karakter Lego, ia menjelaskan, ciri khas lain Makna Seserahan adalah kombinasi warna bunga kebanyakan menggunakan warna yang soft atau pastel.

Berbeda dengan ring box kayu buatan Yudhayana asal Surabaya, sang pemilik Tantie Yulandhika mengatakan ring box buatannya dilengkapi dengan grafir tulisan dan custom desain. Jadi konsumen bisa meminta langsung tulisan apa yang ingin dituliskan di dalam ring box kayu. Selain itu, konsumen juga bisa memesan warna bunga atau ornamen hiasan apa saja yang ingin ditambahkan di ring box.

"Ring box buatan Yudhayana selalu dilengkapi grafir tulisan. Itu sudah satu paket harga, jadi konsumen tidak perlu nambah lagi. Kebanyakan konsumen minta grafir nama dia dan pasangan untuk bagian luar. Dan bagian dalam kotak biasanya ada kata-kata bijak atau kutipan ayat kitab suci," jelas Tantie.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Tantie maupun Mita sama-sama mengeluhkan kesulitan pasokan bahan baku, terutama untuk potongan log kayu. Peminat ring box yang menggunakan log kayu cukup tinggi, sedangkan bahan bakunya cukup terbatas. Log kayu adalah potongan kayu dari pohon berbentuk bulat dengan diameter tertentu.

"Kami masih terus cari bahan yang kualitasnya semakin bagus karena konsep produk yang kami jual premium rustic," tandas Mita. Ia mengatakan masih terus mencari supllier perajin dengan kualitas yang premium dan harganya terjangkau.

Sumber:kontan

No comments

Powered by Blogger.