Punya Sakit Mag dan Suka Minum Kopi? Waspada Bisa Kambuh



     Kopi memang menjadi salah satu minuman yang digemari banyak orang. Selain rasanya yang nikmat, kopi juga bisa meningkatkan kinerja fisik karena kopi bekerja meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah. Apalagi kini kopi hadir dengan berbagai rasa sehingga bagi yang tak kuat minum kopi hitam pun bisa meminum kopi susu dengan takaran kopi yang lebih sedikit.



Namun tak semua orang bisa meminum kopi tanpa merasakan efek sampingnya. Apalagi bagi orang yang memiliki sakit mag. Kopi bisa membuat sakit mag kambuh. 



Menurut Medical Manager PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, kopi mengandung asam dan juga kafein yang dapat memicu produksi asam lambung sehingga orang yang memiliki penyakit mag rentan untuk kambuh.

"Selain dari kopi sendiri yang sudah mengandung kafein, faktor lain dari minum kopi dengan berbagai varian (tergantung bahan tambahan yang digunakan) mulai dari pemanis, perisa, atau tambahan kafein untuk memperkuat efek alertness," ujar dr Hemin kepada detikHealth.

Ia menambahkan, tidak heran jika seseorang akan mengalami gangguan lambung saat minum kopi instant sedangkan saat minum kopi tubruk biasa tidak bermasalah. Itu karena tambahan dalam kopi instant ditujukan untuk memperkuat efek alertness.

Sementara untuk menjaga kesehatan, studi yang dilakukan oleh American Beverage Association dan National Coffee Assocition menjelaskan ambang batas maksimal meminum kopi dalam sehari yakni tiga gelas ukuran sedang atau 400 miligram kafein.

Namun jika sakit mag sudah kambuh, redakan dengan mengonsumsi Promag yang mengandung hydrotalcite agar sakit mag bisa diatasi dengan cepat.


Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.