Ragam Jenis Perawatan Tubuh Tradisional yang Patut untuk Kamu Coba

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Body spa sepertinya berhasil menjadi salah satu treatment yang digemari banyak wanita untuk memanjakan dirinya. Di tengah banyaknya ragam jenis perawatan tubuh dari berbagai penjuru dunia, seperti acupressure massage, thai massage, atau ayurvedic, melakukan body spa dengan ramuan tradisional ternyata masih cukup banyak digemari wanita Indonesia. Lulur menjadi salah satu produk perawatan tubuh paling populer yang kerap digunakan ketika melakukan body spa. Namun, selain lulur, ternyata masih ada beberapa jenis perawatan khas Indonesia yang tak kalah menarik untuk di coba. Seperti lima jenis perawatan tubuh berikut ini. Di antara kamu, ada yang sudah pernah mencobanya belum?

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
1. Boreh

Boreh merupakan ramuan khas Bali yang telah dijadika sebagai bahan perawatan tubuh oleh para leluhur sejak zaman dahulu. Perawatan tubuh ini menggunakan ramuan yang dibuat dari campuran rempah-rempah, seperti lada, jahe, sereh, serta cengkeh. Cara mengaplikasikannya pun hampir serupa dengan lulur. Ramuan ini nantinya akan dibalurkan pada tubuh hingga mengering, kemudian diangkat dengan cara diurut. Dari segi kesehatan, boreh memiliki efek menghangatkan tubuh yang baik untuk dilakukan saat kamu merasa pegal-pegal atau masuk angin. Sedangkan dari segi kecantikan, boreh dapat menghaluskan kulit dengan mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit jadi lebih cerah dan bersih hingga ke pori-pori.

2. Batangeh

Dari Minangkabau, salah satu perawatan tubuh tradisional yang perlu kamu coba adalah Batangeh atau mandi uap. Bunga, dedaunan, akar-akaran, dan kulit kayu di rebus bersamaan dengan bahan yang memiliki kandungan minyak aromatik, seperti sereh, pkamun, atau bunga kenanga. Nantinya, uap yang dihasilkan akan digunakan untuk mandi uap. Perawatan ini biasa dilakukan oleh para calon pengantin, wanita yang baru melahirkan, atau wanita yang baru sembuh dari penyakit. Menariknya lagi, batangeh juga dapat membantu menyegarkan sekaligus menjadi cara alami untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari tubuh.

3. Oukup

Oukup adalah perawatan tubuh tradisional berupa mandi uap yang biasa dilakukan masyarakat Batak Karo. Perawatan ini sebenarnya serupa dengan batangeh, akan tetapi lebih sering digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh. Ada lebih dari 60 jenis tanaman rempah dan herbal yang dimasukan dalam rebusan uap. Oukup biasa dilakukan untuk menyegarkan tubuh yang kelelahan, membuat pernapasan lega, merawat kulit, mengatasi penyakit asam urat, serta menyehatkan kulit.

4. Tellu Sulapa Eppa

Tellu Sulapa Eppa merupakan perawatan tubuh tradisional yang berasal dari Bugis. Perawatan ini bermanfaat untuk memperbaiki peredaran darah bagi wanita yang habis melahirkan, membuat kulit lebih cerah, serta dapat membuat rambut menjadi lebih hitam. Bahan yang digunakan untuk melakukan perawatan ini disebut dengan Bedda Lotong, yakni merupakan campuran dari beras hitam, akar ginseng, jeruk nipis, dan daun pandan.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

5. Tangas

Betawi juga punya perawatan tubuh tradisionalnya sendiri. Tangas, merupakan tradisi perawatan tubuh yang melibatkan pijat, lulur, dan mandi uap. Perawatan kecantikan ini umum dilakukan saat wanita tengah hamil, setelah melahirkan, atau sebelum menikah. Menariknya lagi, proses perawatan tubuh ini juga menggunakan minuman tradisional khas betawi, yaitu bir pletok, lho! Nah, di antara kelima perawatan tubuh ala tradisional yang telah disebutkan, mana yang paling ingin kamu coba?

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.