Ramai Notch 'Tetesan Air', Bakal Jadi Tren Smartphone?



     Sejumlah vendor merilis ponselnya masing-masing dengan modifikasi notch yang berbentuk seperti tetesan air. Akankah jadi tren?



Lupakan sejenak soal ponsel lipat yang mungkin bakal dirilis Samsung atau Huawei dalam waktu dekat. Ada satu hal pasti yang kini tengah menggandrungi sejumlah perusahaan dalam membuat smartphone, yaitu modifikasi notch menjadi seminimal mungkin.



Dalam waktu yang terbilang berdekatan, Oppo, Honor, hingga Vivo sama-sama merilis ponsel dengan waterdrop notch di bagian atas. Ya, ketiganya memodifikasi 'poni' pada layar smartphone menjadi 'tetesan air'.

Oppo bisa dibilang jadi yang lebih dahulu merilis ponsel dengan waterdrop notch. Hal ini muncul dalam seri F9 miliknya yang diperkenalkan di Indonesia pada akhir Agustus lalu.

Bukan hanya itu, di China, mereka juga merilis R17, ponsel dengan tiga kamera belakang yang juga mengadopsi waterdrop notch. Hanya saja, ukuran layarnya sedikit lebih lapang dibanding F9.

Tak lama kemudian, muncul Honor 8X Max yang mengusung notch serupa di layarnya. Sedangkan versi orisinalnya, Honor 8X, masih menerapkan lekukan mirip 'poni' pada display miliknya.

Yang terbaru, ada Vivo V11 Pro yang bakal dirilis di Indonesia pada 12 September mendatang. Selain mengusung waterdrop notch, mereka juga mengedepankan teknologi Screen Touch ID yang diklaim pertama di dunia.

Tiga brand besar sudah muncul dengan desain notch mirip tetesan air pada layarnya. Kira-kira, siapa yang akan menyusul? Akan sangat menarik ditunggu, lantaran masih banyak ponsel mentereng yang diprediksi akan muncul tahun ini.

Trio iPhone, yang rumornya akan bernama XS, XS Max, dan XC, serta Huawei Mate 20, adalah beberapa di antaranya. Produk terdahulu dari brand masing-masing, yaitu iPhone X dan P20, keduanya juga mengusung notch, walau vendor asal China memodifikasi agar 'poni' pada ponselnya bisa hilang.

Kalau kamu, lebih suka model notch di masa awal-awal kemunculannya yang mirip 'poni' atau 'tetesan air' yang muncul belakangan ini?

Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.