Ratusan Telur Cacing Pita Ditemukan di Otak Bocah Ini, Kok Bisa?



      Sering kita mendengar ada temuan cacing pita berada dalam tubuh seseorang, namun bagaimana jika ratusan telurnya ditemukan di dalam otak seorang bocah?



Di New Delhi, India, seorang bocah perempuan berusia 8 tahun mengeluhkan bengkak besar di kepalanya. Selain itu, ia juga merasa sakit kepala yang amat sangat dan beberapa kali mengalami kejang epilepsi berbulan-bulan.



Saat dibawa ke rumah sakit, ia nyaris tak sadar hingga dilakukan pindaian di bagian kepalanya dan menunjukkan ada lebih dari 100 titik-titik putih, yang adalah telur cacing pita. Dr Praveen Gupta dari Fortis Hospital menyebutkan bahwa telur-telur tersebut mencapai otak si bocah melalui aliran darah.

"Saat telurnya mencapai otak melalui sistem saraf menyebabkan neurocysticercosis, yang ditandai dengan pusing hebat, kejang epilepsi dan linglung. Kami akan berfokus untuk mengurangi bengkaknya sebelum memberikan obat dan terapi anthelmintic untuk mengurangi telur-telurnya," tuturnya, dikutip dari FoxNews.

Situs Mayo Clinic menyebutkan, infeksi cacing pita bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang terkontaminasi lalu bermigrasi di luar usus. Terkadang mereka membentuk kista-kista larva di jaringan tubuh dan organ, dan jika yang terkonsumsi adalah larvanya maka ia akan bertumbuh dewasa di dalam usus.

Bocah ini kemungkinan besar terinfeksi cacing jenis Taenia solium atau "cacing pita babi" yang disebabkan memakan daging mentah atau kurang matang. Jika telur tersebut telanjur berkembang, bisa mengakibatkan cysticercosis yang merusak otot atau mata dan menyebabkan kejang, menurut situs Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Kini bocah tersebut telah kembali sehat seperti semula dan telah kembali bersekolah. "Kami sama sekali tak menduga anak perempuan kami yang sehat dan riang bisa terkena penyakit semengerikan itu, namun kami cukup beruntung bisa mendapatkan penanganan yang tepat," pungkas ayah gadis tersebut.

Sumber : BBC

No comments

Powered by Blogger.