Siklon Tropis Mangkhut Bakal Terjang Filipina, Ribuan Orang Mengungsi

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Siklon tropis besar sedang menuju wilayah Filipina pada Kamis (13/9/2018) dengan disertai angin kencang dan hujan lebat. Siklon tropis Mangkhut diperkirakan akan menerjang negara itu pada akhir pekan, sebelum kemudian mengarah ke China. 

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

AFP mewartakan, siklon tropis yang telah sampapi di Kepulauan Marina Utara ini melaju melintasi Pasifik dengan kecepatan angin maksimal 255 km/jam.

Pihak berwenang menyatakan, sekitar 10 juta orang di Filipina berada di jalur badai, belum termasuk jutaan lainnya di pesisir China yang padat penduduk. Ribuan orang mulai mengungsi di daerah pantai ujung utara pulau Luzon, Filipina, di mana badai diprediksi akan mencapai daratan pada Sabtu (15/9/2018). 

"Evakuasi dini dilakukan di kota-kota pesisir, desa-desa yang akan terdampak oleh siklon tropis," kata juru bicara pemerintah setempat, Rogelio Sending. "Kami juga akan mengevakuasi lebih banyak lagi," ucapnya. 

Sebagai informasi, ada sekitar 20 siklon tropis dan badai yang menghantam Filipina setiap tahunnya sehingga menewaskan ratusan orang.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore
Negara itu pernah diterjang Topan Haiyan yang dahsyat. Akibatnya, lebih dari 7.350 orang tewas dan lainnya hilang di seluruh Filipuna tengah pada November 2013. Terkait siklon tropis Mangkhut, badan cuaca nasional menyatakan Mangkhut akan menjadi siklon tropis terkuat pada tahun ini.

Selain Filipina, Hong Kong diperkirakan juga akan dilewati siklon Mangkhut dan kini sedang bersiap.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.