Yuk, Bikin Putu Mayang di Libur Akhir Pekan Ini!

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Pernah merasakan Putu Mayang? Kudapan ini terbuat dari tepung beras. Rasanya akan membuai lidah saat disantap bersamaan dengan saus kinca gula. Cemilan ini lebih nikmat dimakan saat hangat.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudi dan Sahabat yang tayang di RCTI setiap Minggu, pukul 07.30 WIB. Berikut cara membuatnya.

Bahan 1:
225 g tepung beras
450 ml santan sedang kentalnya
½ sdt vanilli bubuk
1 sdt garam

Bahan 2:
70 g tepung sagu, bisa diganti tepung kanji atau tepung tapioka

Bahan 3:
¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk yang diseduh dengan 1 sdm air panas mendidih, sebagai pewarna kuning
1 sdt pewarna makanan merah
1 sdt pewarna makanan hijau

Bahan 4:
650 ml santan sedang kentalnya
1 lembar pandan, diikat
250 g gula merah
2 sdm (susu) kental manis
Daun pisang secukupnya, untuk alas

Cara membuat:
Campur semua bahan 1 hingga tercampur rata di dalam wajan. Nyalakan api dan masak hingga adonan mengental dan kalis. Matikan api.

Setelah agak dingin, pindahkan adonan ke dalam wadah. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit dan uleni adonan hingga kalis. Bagi adonan menjadi 3 bagian yang sama dan pindahkan masing-masing ke wadah terpisah.

Seduh Desaku Kunyit Bubuk dengan air panas mendidih dan aduk rata. Gunakan larutan ini sebagai pewarna kuning pada salah satu adonan. Campur hingga rata. Kemudian, berikan pewarna merah pada adonan di wadah lainnya. Campur hingga rata. Dan berikan pewarna hijau pada sisa adonan yang ada. Campur hingga rata.
ttps://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Bentuk adonan menggunakan cetakan putu mayang, jatuhkan adonan ke atas alas daun dan potong. Lakukan hingga semua bahan habis. Kukus selama 20 menit hingga matang angkat dan sisihkan

Sambil menunggu mengukus, untuk membuat sausnya, masukkan semua bahan 4 ke dalam panci, rebus hingga mendidih, gula larut dan santan tidak pecah, angkat. Sajikan putu mayang dengan saus kinca gula selagi hangat.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.