3 Makanan yang Dapat Meredakan Reaksi Alergi karena Cuaca



      Alergi bisa terjadi pada siapa saja. Ada orang yang alergi karena debu, makanan, ataupun cuaca. Reaksi alergi pun bisa bermacam-macam seperti gatal, bentol, muncul bercak merah, atau bersin. Pada orang yang alergi cuaca, biasanya reaksi yang ditimbulkan adalah bersin.



Alergi cuaca biasanya terjadi karena seseorang tidak kuat menahan suhu dingin. Biasanya alergi kambuh di pagi hari yang memang suhunya jauh lebih rendah. Pada beberapa orang, reaksi yang ditimbulkan bisa berlebihan karena tidak berhenti bersin. Bila sudah begitu tentunya dibutuhkan penanganan lebih lanjut.



Beberapa dokter biasanya menyarankan konsumsi jenis obat-obat tertentu seperti antihistamin untuk mengurangi reaksi alergi. Tapi tahukah Anda, ternyata bahan-bahan makanan juga bisa membantu meredakan reaksi karena alergi cuaca. Seorang ahli nutrisi dan ahli diet, Joy Bauer mengungkapkan makanan yang ampuh atasi alergi dalam bukunya.

Melansir New York Post, Kamis (4/10/2018), inilah makanan yang bisa meredakan reaksi alergi sekaligus bernutrisi :

Minyak zaitun

Alergi pada dasarnya disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang berlebihan. Minyak zaitun mengandung hydroxytyrosol yaitu anti-oksidan yang membantu menjaga sistem tetap tenang. Konsumsilah minyak zaitun yang bersuhu dingin atau suhu kamar agar kinerjanya lebih optimal dan efektif.

Kunyit

Bumbu makanan yang satu ini kaya akan kurkumin. Senyawa tersebut telah terbukti mengurangi peradangan termasuk reaksi alergi. Beruntung masyarakat Indonesia sering menggunakan kunyit sebagai penambah rasa pada masakan. Untuk lebih optimal, tambahkan lada hitam agar membantu tubuh menyerap kurkumin.

Capers

Ini adalah buah bercita rasa asin dari tumbuhan di Mediterania dan sering disajikan pada masakan di restoran besar. Capers mengandung konsentrasi quercetin yang sangat tinggi. Kandungan itu bertindak sebagai antioksidan yang telah terbukti dapat memblokir histamin tubuh seperti gatal dan bengkak. Bahan makanan lain yang mengandung quercetin adalah asparagus, kale, dan radicchio.


Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.