5 Jenis Makanan yang Menyebabkan Jerawat, Hati-Hati Ya Ladies



     Timbulnya jerawat di wajah tentu saja bukan hal yang dikehendaki oleh setiap wanita. Untuk mengenyahkannya, berbagai cara pun ditempuh, mulai mulai dari cara membersihkan wajah secara lebih seksama, menggunakan acne spot treatment, hingga melakukan treatment khusus penghilang jerawat di klinik kecantikan. Nah, jika semua hal di atas sudah kamu lakukan namun jerawat masih tak kunjung menghilang, coba cek asupan makanan yang dikonsumsi selama ini. Jangan-jangan kamu mengonsumsi makanan yang berpotensi memicu timbulnya jerawat. Kalau tidak ingin kondisinya semakin parah, ada baiknya kamu ketahui jenis makanan apa saja yang dapat memicu timbulnya jerawat melalui artikel berikut ini!



Produk yang Mengandung Susu

Walau tidak selalu, namun kenyataannya ada beberapa orang yang tidak dapat mengonsumsi produk olahan susu karena dapat memicu timbulnya jerawat. Meskipun belum diketahui dengan jelas apakah kandungan pada susu benar-benar dapat menyebabkan timbulnya jerawat, namun mengonsumsi susu secara berlebih dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, yang menyebabkan produksi minyak di kulit semakin berlebih. Selain itu, susu juga mengandung kadar hormon pertumbuhan yang cukup tinggi, meski telah melewati proses pasteurisasi. Hormon pertumbuhan tersebut akan bereaksi, kemudian memicu produksi minyak berlebih pada kulit wajah yang nantinya juga berpotensi menyumbat pori-pori. Jika minyak pada kulit menumpuk, pori-pori pun akan tersumbat sehingga timbullah jerawat dan komedo yang tidak diinginkan.

Gula

Sesuatu yang manis-manis mungkin menjadi makanan favorit hampir semua kaum wanita. Kabar baiknya, kandungan gula yang terdapat dalam makanan juga diperlukan tubuh karena bermanfaat sebagai sumber energi. Sayangnya, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula ternyata tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Asupan gula berlebih dalam tubuh dapat mengurangi kadar kolagen yang mengarah pada berkurangnya elastisitas kulit. Di sisi lain, tingkat inflamasi pada gula juga sangat tinggi sehingga mudah menyebabkan jerawat. Contohnya saja, asupan gula berlebih yang terdapat pada minuman bersoda. Kandungan gula cair dalam sekaleng soda dapat dengan cepat menyerap ke dalam aliran darah dan menyebabkan lonjakan insulin yang besar. Nah, dengan meningkatnya insulin, sama saja dengan merangsang produksi sebum.

Makanan Cepat Saji

Apakah kamu termasuk salah seorang yang gemar menyantap makanan cepat saji? Jika iya, sepertinya kamu harus mulai mengurangi kebiasaan ini nih! Makanan cepat saji atau yang biasa disebut dengan fast food merupakan jenis makanan yang mengandung kalori, lemak jenuh, serta karbohidrat yang sangat tinggi. Sebuah studi dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics (2014) mengamati berbagai kebiasaan diet dan menemukan bahwa orang yang memiliki jumlah jerawat sedang sampai berat adalah mereka yang lebih banyak mengonsumsi lemak daripada mereka yang memiliki kulit wajah dengan jerawat yang sedikit atau tidak memiliki jerawat. Jadi, hati-hati dengan lemak jenuh, ya! Karena kandungan yang satu ini dapat meningkatkan faktor pertumbuhan tertentu yang berkontribusi terhadap munculnya berjerawat.

Refined Grain

Refined grain merupakan biji-bijian yang telah mengalami proses pengolahan atau penggilingan. Contoh dari refined grain, antara lain beras putih, tepung terigu (yang tidak diklaim terbuat dari whole wheat), serta produk olahan dari bahan dasar refined grain; misalnya roti tawar, sereal, crackers, biskuit, dan kue. Beberapa makanan tersebut tentu cukup sering kita konsumsi. Namun karena telah melalui proses pengolahan, refined grain hanya terdiri dari endosperm yang tinggi akan kalori, karbohidrat, dan mengandung sedikit protein. Refined grain juga lebih mudah dicerna oleh enzim rubuh karena bagian yang mengandung banyak serat sudah dipisahkan dari endosperm-nya. Namun, hal ini menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah cepat yang kemudian dapat memicu kenaikan hormon insulin. Meningkatnya kadar hormon insulin di dalam tubuh juga diduga dapat meningkatkan aktivitas hormon androgen, produksi sebum, serta memperparah kondisi jerawat. Wah, gawat juga nih!

Makanan Pedas

Sejujurnya, makanan pedas biasanya tidak menyebabkan jerawat. Akan tetapi, efek samping dari mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah tertentu diketahui dapat meningkatkan kemungkinan munculnya jerawat. Makanan pedas sendiri menyebabkan reaksi peradangan di dalam tubuh yang menyebabkan peningkatan suhu, diikuti dengan keringat yang mungkin saja mulai berkucuran di wajah kamu. Nah, keringat yang ‘banjir; tersebut rupanya turut andil dalam memicu pelepasan minyak di kulit yang kemudian memerangkap kotoran dan bakteri sehingga menyebabkan terjadinya jerawat.

Sumber :

No comments

Powered by Blogger.