Bukan Pemalas, Susah Bangun Tidur Pagi Hari Pertanda Alami Kondisi Kesehatan Ini



     Seringkali seseorang malas untuk melakukan sesuatu. Salah satunya adalah bangun dari tempat tidur. sebagian orang mengaku sulit untuk bangun dari tempat tidurnya meski telah tidur selama 8 jam lebih, bangun tidur terasa seperti beban. Banyak orang menganggap mereka yang sulit untuk bangun tidur sebagai orang yang memiliki jiwa pemalas.



Padahal mereka yang sulit bangun tidur telah berjuang sekuat tenaga untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, namun mata terasa ingin terus terpejam dan bada terasa ingin terus berbaring. Hal ini ternyata bukan karena faktor malas, melainkan kondisi medis yang disebut Clinomania, sebagaimana dilansir dari Vt.co, Jumat (26/10/2018).



Susah bangun tidur dikenal dengan kondisi kesehatan yang disebut dengan Clinomania, dimana mereka yang sulit bangun tidur seperti tidak memiliki ketidakmampuan untuk bangun dari tempat tidurnya. Mereka bahkan harus berjuang untuk keluar dari ‘zona nyaman’ mereka. Bahkan, ketika telah memiliki agenda, mereka lebih memilih membatalkannya dan melanjutkan tidurnya.

Istilah Clinomania berasal dari bahasa Yunani Clino (tidur) dan Mania (kecanduan). Para Clinomania tidak sadar bahwa kebiasaanya tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Kurangnya sinar matahari, olahraga, dan interaksi sosial dari waktu ke waktu dapat menyebabkan seseorang memiliki suasana hati yang rendah. Hal ini malah akan lebih memperburuk keadaan.

Mereka yang memiliki kesehatan mental seperti stres, depresi dan selalu merasa cemas rentan memiliki kondisi kesehatan Clinomania ini. Selain Clinomania, seseorang yang memiliki Sindrom Kelelahan Kronis atau bisa dikenal ME, akan merasakan hal yang sama seperti Clinomania. Mereka semua sulit untuk bengun tidur, bahkan setelah waktu tidur yang dirasa cukup efektif.

Jika Anda merasa terlalu malas untuk bangun dari tempat tidur dan terus berada di bawah selimut, bahkan hingga seharian penuh. Dapat dipastikan bahwa Anda bisa saja menjadi salah satu penderita Clinomania. Clinomania bisa disebut juga sebagai Dysania.

Jika Anda memiliki gejala yang sama seperti yang disebutkan di atas. Anda mungkin menderita Clinomania atau Dysania, ada baiknya Anda segera mengkonsultasikan pada dokter. Sebelum kondisi ini memegaruhi aktivitas, Anda dapat menghilangkannya dengan melakukan perubahan pada aktivitas keseharian Anda, misalnya melakukan diet sehat atau berolahraga dengan rutin.

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.