Cara Atasi Sembelit Akut

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Pernahkah Anda sulit buang air besar? Hal ini tentu akan mengganggu hari Anda. Gangguan kesehatan yang biasa disebut sembelit atau konstipasi ini, adalah penyakit yang cukup sering disepelekan.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Namun, sekedar tidak bisa buang air besar pun jika terlalu sering dibiarkan akan membawa masalah dan risiko kesehatan yang cukup besar.

Bagaimana cara mengatasi sembelit yang baik? Sebelum menggunakan obat pencahar, alangkah baiknya jika kita mencoba cara-cara alami terlebih dahulu. Berikut ini beberapa di antaranya

Cara Mengatasi Sembelit Akut
Sembelit bisa dikatakan akut jika sudah berlangsung lebih dari 3 hari. Terutama jika membuat perut dan organ ekskresi terasa tak nyaman.

Lalu seperti apa cara mengatasi sembelit akut? Berikut ini beberapa tips bermanfaat dari Boldsky.

1 minggu
Cobalah konsumsi makanan dengan sifat osmotik seperti susu. Susu bermanfaat untuk atasi sembelit, karena mengandung magnesium di dalamnya. Makanan ini akan menarik lebih banyak cairan ke dalam usus sehingga akan memperlancar BAB. Namun pastikan bahwa tubuhmu juga terus terhidrasi dengan baik.

1-2 minggu
Dalam kasus seperti ini, kamu perlu obat pencahar stimulan yang akan memacu gerakan otot usus. Jika BAB sudah lancar, kamu harus menghentikan penggunaannya agar tubuh tidak bergantung dengan bantuan obat seperti ini.

Lebih dari 3 minggu
Air besar yang tidak terekskresi lebih dari 3 minggu sudah menjadi hal yang kronis. Kamu perlu pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Cara Mengatasi Sembelit Dengan Cepat
Jika Anda ingin mengatasi sembelit dengan cepat, obat laksatif bentuk tablet atau gel yang tersedia di pasaran memang bisa memberikan solusi instan. Tetapi Anda juga bisa mencoba cara-cara yang direkomendasikan MedicalNewsToday berikut.

1. Minum sparkling water
Konsumsi cairan dalam jumlah cukup bisa membantu melancarkan pencernaan yang mampet. Terutama sparkling water yang menurut salah satu penelitian bisa membantu lebih baik daripada air biasa.

Tetapi sebaiknya jangan pilih minuman berkarbonasi dengan gula tinggi. Gula berlebih justru bisa menyebabkan sembelit lebih parah.

2. Konsumsi serat prebiotik
Konsumsi lebih banyak serat, terutama serat prebiotik yang tidak mudah dicerna. Serat prebiotik akan disimpan di dalam usus dan difermentasi, memberi makan bakteri baik yang bertugas melancarkan pencernaan di dalam usus.

Serat prebiotik bisa ditemukan di dalam pisang, bawang merah, bawang putih, kulit apel, dan kacang-kacangan.

3. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik
Dilansir Prebiotin.com, makanan yang mengandung bakteri baik (probiotik) seperti yogurt, sauerkraut, tapai, dan kimchi bisa membantu melancarkan pencernaan yang terganggu.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Selain itu, makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt juga bisa mengatasi konstipasi dengan memproduksi lactic acid dan asam lemak yang mampu merangsang pergerakan usus.

4. Minum kopi
Kafein di dalam kopi akan meningkatkan dorongan untuk buang air besar. Ini karena kemampuan kafein dalam merangsang otot-otot di sistem pencernaan.

Sumber:liputan6

No comments

Powered by Blogger.