Cegah Banyak Kasus, Sosialisasi Perlindungan TKI Terus Digencarkan

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Para lulusan SMK dalam beberapa tahun terakhir ini, termasuk di Kebumen, merupakan komponen masyarakat yang banyak meminati peluang kerja di luar negeri.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

"Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen tergerak berupaya membekali mereka pengetahuan tentang tata cara penempatan dan perlindungan tenaga kerja indonesia (TKI) di luar negeri," ujar Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Pelatihan dan Produktifitas Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM (Disnakerkukm) Kebumen, Drs Sigit Basuki, di ruang kerjanya, Jum'at (26/10/2018).

Salah satu isu yang kerap diangkat Disnakerkukm Kebumen saat memberikan sosialisasi tentang penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri kepada para siswa SMK adalah tentang rentannya keselamatan TKI yang bekerja pada pengguna perorangan.

"Karena itu, saat ini pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan prosentase penempatan TKI pada pengguna berbadan hukum," ujar Sigit.

Ditingkatkannya penempatan TKI pada pengguna berbadan hukum agar posisi tawar TKI serta bentuk perlindungan yang menjadi hak TKI memiliki dasar hukum yang kuat.

"Peningkatan penempatan TKI pada pengguna berbadan hukum adalah sebagai bentuk perlindungan dan peningkatan mutu pelayanan pemerintah pada TKI yang berjuang mencari nafkah di negeri orang," jelas Sigit.

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Agar para calon TKI bisa mendapatkan pengguna berbadan hukum yang terjamin kredibilitasnya, pemerintah bekerjasama dengan PPTKIS (perusahaan penyalur tenaga kerja Indonesia swasta) maupun BUMN/BUMD terkait untuk penyalurannya.

Sumber:krjogja

No comments

Powered by Blogger.