Dua Jenazah TKI Asal NTT Tiba di Kupang




                    Dua jenazah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal NTT tiba di Kupang, Sabtu (6/10/2018).

Dua jenazah TKI itu atas nama Huber Oematan asal Oebelo Kecamatan Amanuban Selatan Timor Tengah Selatan (TTS) dan Theresia Nung Koten, asal Desa Patisirawulang Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur.



Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kupang, Siwa, menjelaskan, kedua jenazah TKI asal NTT itu sudah tiba di Kupang dan akan dihantar ke kampung halaman masing-masing.




Siwa menjelaskan dua orang TKI tersebut meninggal dunia di Malaysia.

TKI asal Timor Tengah Selatan meninggal dunia secara mendadak dengan statusnya tidak tercatat alias non prosedural.


Sedang TKI asal Flores Timur meninggal karena sakit yaitu gagal ginjal dengan statusnya tercatat secara manual di BP3TKI Kupang.

"Huber Oematan, PMI asal Desa Oebelo Kecamatan Amabuban Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan meninggal dunia secara mendadak tanggal 1 Oktober 2018 di Miri Serawak Malaysia, sebelumnya almarhum bekerja di ladang, jenazah tiba tadi pagi dengan pesawat Batik Air, jenazah langsung diantar oleh petugas BP3TKI Kupang, status keberangkatan tidak tercatat secara manual maupun SISKOTKLN.

Theresia Nung Koten, PMI asal Desa Patisirawulang Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur meninggal dunia tanggal 30 September 2018 di Rumah Sakit Abdul Halim Sungai Petani Penang Malaysia akibat sakit ginjal, jenazah tiba hari ini tanggal 6 Oktober 2018 di Kupang dengan Garuda GA 438 pukul 12.50 Wita.

Jenazah akan diberangkatkan ke Kabupate Flores Timur melalui Bandara Franseda Maumere selanjutnya perjalanan darat menuju daerah asalnya, biaya dari Kupang - Maumere - Flores Timur oleh BP3TKI Kupang, jenazah akan diantar oleh pegawai P4TKI Maumere, status keberangkatan terdata secara manual tahun 2008 sebagai Penatalaksana Rumah Tangga," papar Siwa, kepada POS KUPANG.COM, Sabtu (6/10/2018).

Siwa menjelaskan minggu depan juga NTT akan mendapatkan satu jenazah TKI asal Ende atas nama Kanisius Ga'a.

Sampai dengan Oktober 2018 jumlah jenazah TKI yang tiba di NTT yaitu 81 jenazah.

"Selama Januari - Oktober 2018 adalah sebanyak 81 jenazah termasuk yang akan tiba tanggal 8 Oktober 2018 asal Kabupaten Ende, atas nama Kanisius Ga'a," jelas Siwa.

Ia menjelaskan rata-rata yang meninggal itu semuanya diberangkatkan non prosedural.

Selain itu penyebab meninggal berbagai macam. Ada yang kecelakaan kerja dan sebagian besar meninggal dunia karena sakit.




Sumber : tribun

No comments

Powered by Blogger.