[HOAKS] Foto dan Video Detik-detik Terakhir Lion Air JT 610



     Pasca-peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat pada Senin (29/10/2018), muncul sejumlah post yang menampilkan suasana detik-detik sebelum pesawat jatuh.



Unggahan berupa foto dan video ini pun ramai diperbincangkan di beberapa media sosial, seperti Twitter dan Instagram, juga aplikasi pesan WhatsApp.



Narasi yang beredar: Berdasarkan pengamatan Kompas.com, dua unggahan berupa foto dan video ini mulai ramai dibagikan di media sosial pada Senin (29/10/2018).Unggahan foto beredar sekitar pukul 13.00 WIB, sedangkan unggahan video beredar sekitar pukul 15.00 WIB.

Awalnya, foto ini ramai di Instagram yang diunggah oleh akun @wesjournalpalma. Namun, saat dihubungi Kompas.com, admin mengaku telah menghapus unggahan itu karena mendapat teguran pihak terkait.

Dalam foto tersebut, terlihat empat orang penumpang tengah berswafoto memakai makser oksigen yang merupakan salah satu fasilitas keselamatan di dalam kabin pesawat.

Selain itu, ada juga video yang yang menunjukkan situasi detik-detik kejadian pesawat Lion Air JT610 jatuh.

Video berdurasi 48 detik itu menampilkan kondisi kabin gelap gulita dan terdengar beberapa penumpang sedang mengucapkan doa-doa keselamatan.

Unggahan video ini telah ditonton sebanyak 260.020 kali tayangan dan telah dikomentari sebanyak 1.879 kali.

Penelusuran Kompas.com: Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informasi Ferdinandus Setu menyatakan bahwa foto tersebut adalah hoaks atau pemberitaan tidak benar. 

"Foto selfie yang diduga korban di pesawat Lion Air JT610 ini merupakan hoaks," ujar Ferdinandus saat dihubungi Kompas.com pada Senin (29/10/2018). 

Adapun pemberitaan yang benar, yakni foto tersebut merupakan penumpang dari penerbangan Sriwijaya Air saat terjadi turbulance di udara. 

Menurut Ferdinandus, informasi ini diterima pihak Kemenkominfo pada Senin (29/10/2018) pukul 13.00 WIB melalui email aduankonten@kominfo.go.id. 

Selanjutnya, Ferdinandus juga menyampaikan bahwa video situasi detik-detik jatuhnya pesawat Lion Air Jt610 juga merupakan salah satu hoaks. 

"Video situasi di dalam pesawat yang beredar itu termasuk hoaks," ujar Ferdinandus. Ia mengklarifikasi, apa yang terjadi dalam unggahan video itu merupakan kejadian penerbangan Lion Air JT353 tujuan Padang-Jakarta. 

"Video yang beredar ini adalah penerbangan Lion Air JT353 tujuan Padang-Jakarta yang mengalami turbulance, mesin mati, dan lainnya," ujar Ferdinandus. 

Laporan penyebaran video ini telah diterima pihak Kemenkominfo sekitar pukul 15.00 WIB. Ferdinandus juga menyampaikan, pihak Kemenkominfo mencoba mencari tahu sumber unggahan tersebut melalui mesin pengais konten.



Sumber :Kompas

No comments

Powered by Blogger.