Ngeri! Remaja 16 Tahun Terlibat Sindikat Penyelundupan TKI ke Malaysia

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kawasan pesisir Batam kerap menjadi akses favorit penyelundupan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia. Selain karena kedekatan geofgrafis, warga lokal juga punya andil untuk membantu TKI ilegal menyeberang ke negeri jiran melalui jalur laut.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Seperti kasus terbaru dibongkar Polda Kepri. Empat orang warga Batam, menjadi tersangka karena terbukti menyediakan kelengkapan 19 TKI ilegal ke Malaysia. Parahnya, sindikat penyelundupan itu melibatkan anak di bawah umur. Yakni seorang remaja berusia 16 tahun, berinisial M.

”Mereka (tersangka) memfasilitasi para TKI ilegal tanpa dokumen. Mereka membantu menyiapkan kapal dan kebutuhan keberangkatan,” terang Dirpolairud Polda Kepri Kombespol Benyamin Sapta, Rabu (3/10).

Benyamin menyayangkan adanya anak di bawah umur yang tergabung dalam sindikat tersebut. Dia memastikan, proses hukum terhadap M akan menyesuakan dengan umurnya yang masih di bawah 17 tahun.

Nantinya M akan didampingi oleh orang tuanya selama menjalani proses hukum. Polisi juga akan berkoordinasi dengan Balai Pemasyarakatan (Bapas). "Dia M) terlibat juga. Karena di bawah umur, kami ajukan ke Bapas,” tambah Benyamin.

Keterlibatan anak di bawah umur itu menggambarkan betapa arus dan gerak TKI ilegal, sudah dekat dengan masyarakat pesisir. Khususnya wilayah-wilayah terdekat dengan jalur penyeberangan pekerja migran ilegal ini.

Upaya polisi dalam mengantisipasi itu adalah dengan pendekatan terhadap masyarakat setempat. Selain itu, Polri juga bersinergi dengan instansi terkait dalam hal pengawasan.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Namun demikian, upaya tersebut tetap belum bisa menghentikan gerak para TKI yang umumnya berasal dari Jawa dan NTB. "Sebaran TKI ini modusnya berubah terus, kalau sebelumnya dalam jumlah besar, saat ini sudah tersebar dan dalam jumlah kecil. Pesisir ini punya kerawanan tersendiri, itu yang dimanfaatkan para pelaku," ujar perwira polisi dengan tiga melati di pundak tersebut. 

Sumber:jawapos

No comments

Powered by Blogger.