Perbedaan Jeruk Limau, Jeruk Purut dan Jeruk Nipis



     Jeruk merupakan buah yang sudah akrab dengan masyarakat Indonesia. Buah jeruk sendiri ada bermacam-macam, mulai dari jeruk limau, jeruk nipis, jeruk peras, jeruk lemon dan masih banyak lagi. Rasa buah jeruk sendiri bermacam-macam, mulai dari yang manis hingga asam. 



Bicara mengenai jeruk, kali ini vemale akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan jeruk limau, jeruk purut dan jeruk nipis. Meski sama-sama memiliki aroma kuat dan rasa asam serta biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, ketiga jeruk ini tidak sama antara satu dengan lainnya. Apa saja kira-kira perbedaan dari tiga jenis jeruk ini?



Penampilan Luar Jeruk
Dari tampilannya, warna ketiga jeruk ini hampir sama yakni berwarna hijau. Tapi untuk jeruk limau dan jeruk purut, warnanya lebih hijau gelap jika dibandingkan dengan jeruk nipis. Dibandingkan jeruk purut dan nipis, jeruk limau memiliki ukuran lebih kecil. Tekstur kulit jeruk nipis lebih halus jika dibandingkan dengan jeruk limau maupun jeruk purut. 

Banyak Air dan Bulir di dalam Jeruk
Saat diperas, jeruk limau yang lebih kecil dari jeruk purut maupun nipis memiliki jumlah air lebih sedikit. Sementara untuk bulir ketiga jeruk ini, semua hampir sama yakni berwarna hijau agak kekuningan. Hanya saja, untuk jeruk purut dan limau warna bulirnya lebih hijau bening jika dibandingkan dengan jeruk nipis. 

Rasa Jeruk
Baik jeruk limau, jeruk purut maupun jeruk nipis memiliki rasa asam. Meski begitu, rasa jeruk limau lebih asam dari jeruk purut maupun nipis. Untuk aroma, buah jeruk nipis memiliki aroma yang cukup kuat jika dibandingkan dengan kedua jeruk lainnya. 

Kegunaan
Jeruk limau biasa digunakan untuk campuran sambal atau masakan dengan cita rasa kuat. Sedangkan jeruk purut dan jeruk nipis, biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan daging tanpa mengubah rasa ikan serta daging ini. Dua buah jeruk ini juga sering digunakan sebagai campuran masakan soto agar rasanya makin segar. 

Itulah perbedaan jeruk limau, jeruk purut dan jeruk nipis. Dari ketiga jenis jeruk di atas, mana nih favorit kamu?

Sumber : vemale

No comments

Powered by Blogger.