Pinjam KTP dan Palsu Lagi, 4 Orang Calon TKI Asal Belu dan TTS Dicekal di Bandara El Tari

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Sebanyak 3 orang calon TKI asal Belu dan 1 orang asal TTS, pagi ini, Selasa (2/9/2018) dicekal oleh Satgaspam Bandara El Tari Kupang.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dari hasil pemeriksaan Satgaspam, diketahui keempat calon TKI ini menggunakan KTP palsu milik orang lain. Identitas yang tertera dalam KTP tersebut bukan identitas mereka.

Kepada Satgaspam, tiga dari mereka, mengaku bahwa KTP palsu yang mereka gunakan itu dipinjam dari sanak keluarga mereka di kampung halaman mereka masing-masing.

Sedangkan satu calon TKI, menggunakan KTP palsu yang dikirim oleh sanak keluarganya yang ada di Kabupaten Waringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepada Satgaspam keempat calon ini akhirnya melaporkan identitas mereka yang sebenarnya. Dan, diketahui, satu calon TKI masih berusia 15 tahun atau masih di bawah umur.

Volkes Nanis, SH., MH, Satgaspam Bandara El Tari, saat dihubungi POS-KUPANG.COM, Selasa (2/9/2018) menjelaskan, keempat calon TKI mengaku bahwa mereka akan berangkat ke Pontianak, Kalimantan Barat.

"Mereka mengaku bahwa akan berangkat ke Pontianak, Kalimantan Barat, untuk bekerja di sebuah perusahaan Kelapa Sawit milik PT. Taken," ungkap Volkes.

biaya keberangkatan mereka, kata Volkes, sepenuhnya ditanggung oleh PT. Talen.

Volkes, menambahkan, selain keempat calon tersebut, pihaknya juga menahan satu calon TKI atas nama Veronika Bana, asal Belu.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa KTP Veronika asli tetapi dokumen keberangkatan Veronika sebagai TKI tidak lengkap atau non-prosedural.

Usai diperiksa, para calon TKI tersebut, diserahkan ke pihak Satgasnaker untuk mendapat pembinaan lebih lanjut.

Sumber:tribunnews

No comments

Powered by Blogger.