Pria Asal Tiongkok Biarkan Sendok di Kerongkongannya hingga Sulit Bernapas



     Para dokter biasanya mengalami kejadian aneh yang terkadang membuat geleng-geleng kepala. Beberapa kejadian biasanya terjadi pada anak kecil. Ada anak kecil yang tidak sengaja menelan lego, koin, kancing atau pluit. Itu karena anak belum bisa membedakan mana yang bisa dimakan dan tidak. Maka dari itu dibutuhkan pengawasan orangtua saat anak sedang bermain.



Dilansir Okezone dari OddityCentral, baru-baru ini seorang pria asal Xianjiang di Tiongkok melakukan suatu kecerobohan. Setahun yang lalu, ia menelan sebuah sendok dan tersangkut di kerongkongannya. Ia tak mengira kalau sendok itu tersangkut. Karena ia bisa makan dan minum dengan normal. Oleh karena itu ia tidak pernah meminta bantuan medis.



Namun, beberapa hari yang lalu ia mengalami nyeri di dadanya setelah dipukul pada bagian dadanya. Ia pun mengatakan pada sang dokter bahwa tahun lalu ia taruhan dengan temannya untuk menelan sendok stainless steel. Dalam keadaan sedang mabuk berat, dirinya menelan sendok yang diikat tali lalu menarik kembali sendok itu. Tapi, rencana itu ternyata tidak berjalan sesuai rencana.

Alih-alih langsung pergi ke rumah sakit, ia hanya menunggu dan melihat apakah akan mengalami kesulitan makan atau tidak. Saat mengetahui sendok itu tidak menimbulkan efek samping yang berarti, ia membiarkan sendok itu menempel di kerongkongannya selama setahun.

Sendok itu mungkin akan tetap berada di kerongkongan pria itu lebih lama jika ia tidak mendapatkan pukulan di dada. Pukulan itu menyebabkan ia kesakitan dan kesulitan bernapas. Dia akhirnya pergi ke Rumah Sakit Umum Xianjiang Meikuang untuk memeriksakan keadaannya.

“Saya terkejut. Saya tidak pernah mengalami hal yang seperti ini,” kata Dr. Yu Xiwu yang menangani pria ini, Minggu (28/10/2018). “Ketika kami memeriksa pasien, kerongkongannya sudah terinfeksi,” tambahnya.

Para petugas medis memutuskan untuk mengeluarkan benda tersebut dengan cara mengekstrak sendok melalui mulut. Pasien diberikan anastesi dan tim menghabiskan dua jam untuk mengeluarkan sendok berukuran 8 inchi menggunakan peralatan endoskopi. Pihak rumah sakit telah memberitahu kepada media bahwa pria itu sedang dalam tahap pemulihan dan akan segera dipulangkan.


Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.